Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Putu Sistya Aristhi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26096

Abstrak

Rendahnya kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesisa yang disebabkan oleh tidak optimalnya penggunaan model pembelajaran membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran konvensional membuat siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model experiential learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi kelas IV. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 274 siswa. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah random sampling. Metode pengumpulan menggunakan metode tes dan instrumen berupa tes essay. Data yang diperoleh berupa skor menulis puisi siswa yang mengacu pada rubrik penilaian puisi dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh (thitung =4,668 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikasi 5% dan dk = 75 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model experiential learning berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pembelajaran experiential learning berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi. 

Biografi Penulis

Ni Putu Sistya Aristhi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ida Bagus Surya Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Agung, A. A. G. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustiani, N. Putu I. P. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ipa Kelas V Kecamatan Sukasada. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.2609

Ardiansyah, D., & Suryana, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci Di Kelas 5 Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43–52. Retrieved From Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Pedadidaktika/Article/View/7185/5996

Asih, R. S., & Muiz, D. A. (2017). Pengaruh Media Lingkungan Sekitar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 40–48. Retrieved From Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Pedadidaktika/Article/View/7286

Bachtuar, D. Y., Suhartinigsih, & Sihono. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas Iii Sdi Al-Khairiyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014 / 2015 ( Improving The Writing Poetry Skills Using Media Card Illustrated Words In Third Grade Sdi A. Jurnal Edukasi Pendidikan, (1), 25–28.

Budiastuti, W. (2013). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya. Retrieved From Https://Www.Neliti.Com/Publications/53731/Peningkatan-Motivasi-Dan-Keterampilan-Menulis-Puisi-Dengan-Penerapan-Pendekatan

Canboy, B., Montalvo, A., Buganza, M. C., & Emmerling, R. J. (2016). ‘Module 9’: A New Course To Help Students Develop Interdisciplinary Projects Using The Framework Of Experiential Learning Theory. Innovations In Education And Teaching International, 53(4), 445–457. Https://Doi.Org/10.1080/14703297.2014.975150

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal Of Education Technology. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jet/Article/View/22364

Eliana, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Latihan. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.101.04

Endarwati, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas Iv Sdn Sokasari. Basic Education, 7(32). Retrieved From Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgsd/Article/View/13876

Esa, P. B. &. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Genitri, D. W. M. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Relaksasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Gugus 6 Kecamatan Sawan. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V1i1.895

Graders, E., & Sdn, O. F. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Improving Students ’ Poetry Writing Skill Through Contextual Approach. Basic Education, 7(32). Retrieved From Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgsd/Article/View/13876

Gustina, H., & Pebriana, Z. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Konseling, 1(1), 12–25. Retrieved From Https://Jurnal.Konselingindonesia.Com/Index.Php/Jkp

Hamdah Munawaroh , Endang Sri Markamah, M. I. S. (2016). Penerapan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal Pgsd Fkip Uns. Retrieved From Https://Docplayer.Info/59809385-Penerapan-Metode-Experiential-Learning-Untuk-Meningkatkan-Keterampilan-Menulis-Puisi.Html

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria, 8(1), 1–15.

Jayanti, D. F. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Bidang Studi Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Mi Azzahidin Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Tahun Pelajaran 2012/2013 (Uin Suska Riau). Retrieved From Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/8790

Jayanti, Y., & Ariawan, V. A. N. (2018). Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1). Https://Doi.Org/10.31602/Muallimuna.V4i1.1442

Krisdayati, & Kusmariyatni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Minat Baca. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 156–159. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpgsd/Article/View/24935/15605

Lestari, N., Sadia, M., & Suma, M. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jppsi

Lutfia Firdausia. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Musik Berlirik Pada Siswa Kelas V Sdn Pucung (Univesitas Negeri Yogyakarta; Vol. 5). Retrieved From Https://Eprints.Uny.Ac.Id/31235/

Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika.

Masniari, L. (2017). Peningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Sdn 193 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Pelangi Pendidikan. Https://Doi.Org/10.24114/Pelangi.V23i1.6225

Nafi’ah, A. (2017). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd/Mi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Nida, & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jeu/Article/View/25393/15846

Nurrahmawati, Y. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Model Experiential Learning Berbantuan Video Bagi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved From Https://Eprints.Uny.Ac.Id/20696/

Pribadi, R. B. A. (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. In Jakarta: Kencana.

Putri, & Dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Mi/Article/View/16407/9826

Putu, N., Pramita, I., Raga, G., Riastini, P. N., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ipa Kelas V Kecamatan Sukadana. E-Journal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.2609

Rohika, D., Marhaeni, M., & Sutama, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Akrostik Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V Sd Di Gugus 6 Kecamatan Gianyar. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha. Retrieved From Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/123112/Pengaruh-Pembelajaran-Menulis-Puisi-Dengan-Teknik-Akrostik-Terhadap-Hasil-Belaja

Safura, S. S., Suhartiningsih, S., & Yuliati, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Pilihan Kata Yang Tepat Melalui Penerapan Strategi Writing In The Here And Now Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas Va Sdn Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Edukasi. Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V4i1.5090

Sakila. (2018). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar [Improving Students ’Capabilities In Writing Poetry Using Images Media]. Totobuang. Https://Doi.Org/10.26499/Ttbng.V5i2.31

Silberman, M. (2014). Andbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran Dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media.

Sriani, N. K., Sutama, I. M., & Darmayanti, I. A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Pada Siswa Kelas Vii B Smp Negeri 2tampaksiring. Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). Retrieved From Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpbs/Article/View/4776

Susilo, S. V. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa Universitas Majalengka, 7, 1. Retrieved From Https://Ejournal.Bbg.Ac.Id/Tunasbangsa

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utami, S., Gede Agung, A. A., Sudiana, I. W., & Pgsd, J. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Benda Asli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Tabanan. Mimbar Pgsd, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V1i1.920

Wulansari, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 2. Retrieved From Https://Jurnal.Unigal.Ac.Id/Index.Php/Diksatrasia/Article/View/620

Zainudin. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas Iv Sdn1 Dongko Dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Https://Doi.Org/10.1002/Ajmg.1363

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Aristhi, N. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 327–337. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26096

Terbitan

Bagian

Articles