Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.27954Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas pembelajaran kontekstual (CTL) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika bagi siswa sekolah dasar. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa dalam menemukan makna dari yang dipelajarinya, sehingga siswa mampu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Langkah pertama, yang dilakukan peneliti adalah merumuskan masalah terlebih dahulu sebelum mengumpulkan data penelitian yang sudah ada melalui penelusuran google cendekia. Dari data penelusuran didapatkan berupa 11 artikel yang relevan. Peneliti menganalisis hasil penelitian dengan menggunakan metode pembanding kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, pembelajaran kontekstual (CTL) efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar mulai dari yang terendah 7,4% sampai dengan yang tertinggi 117,39% dengan rata-rata peningkatan sebesar 46,59%. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar dan memberikan besar pengaruh yang berbeda-beda. Perbedaan hasil penelitian tersebut juga dipengaruhi oleh keberhasilan siswa dalam belajar.
Referensi
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal, 1(2), 192–202. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p192-202
Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5637
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70
Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Harahap, M. A. M., & Nurlina Ariani Harahap, I. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Berkala Mahasiswa, 1(1), 9–11. Retrieved from http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/berkala/article/view/1731/0
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP Ferennita Harianti Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung Pendahuluan Menurut Undang-Undang Nomor 20. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/must.v3i1.1611
Herdiman. (2017). Penerapan pendekaran open-ended untuk meningkatkan penalaran matematika siswa SMP. JES-MAT, 3(2), 195–204. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.25134%2Fjes-mat.v3i2.691
Hidayati, Y. M. (2012). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Metode Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di Sd Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 86–94. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/humaniora.v13i1.919
Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.1063/1.4944618
Padri, I. M., Utari, S., Nurhidayah, F., & Permatasari, I. (2012). Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 219–225. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.248
Pranandari, I. W., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas , Hubungan Teman Sebaya (peer relationships), dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 480–485. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6176
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.1093/brain/awt103
Qisthy, F. M. A. Q., & Sukardi, D. (2012). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learn- Bentuknya Harga Pasar Terhadap Peningkatan Hasil Bela-. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–6. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/547
Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407
Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115
Sugianto, H. (2014). Penerapan Model Kontekstual Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Literasi Sains Siswa Pada Materi Fluida Di Sma Kelas XI IPA. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 14(1), 7–1. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3207
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Wahyudi, A., & Indri. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, 18(2), 22–37. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/123/137
Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.