Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Yohana Prasetya Parhusip
  • Agustina Tyas Asri Hardini

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.27954

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas pembelajaran kontekstual (CTL) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika bagi siswa sekolah dasar. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa dalam menemukan makna dari yang dipelajarinya, sehingga siswa mampu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Langkah pertama, yang dilakukan peneliti adalah merumuskan masalah terlebih dahulu sebelum mengumpulkan data penelitian yang sudah ada melalui penelusuran google cendekia. Dari data penelusuran didapatkan berupa 11 artikel yang relevan. Peneliti menganalisis hasil penelitian dengan menggunakan metode pembanding kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, pembelajaran kontekstual (CTL) efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar mulai dari yang terendah 7,4% sampai dengan yang tertinggi 117,39% dengan rata-rata peningkatan sebesar 46,59%. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar dan memberikan besar pengaruh yang berbeda-beda. Perbedaan hasil penelitian tersebut juga dipengaruhi oleh keberhasilan siswa dalam belajar.

Referensi

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal, 1(2), 192–202. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p192-202

Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5637

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70

Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48

Harahap, M. A. M., & Nurlina Ariani Harahap, I. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Berkala Mahasiswa, 1(1), 9–11. Retrieved from http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/berkala/article/view/1731/0

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP Ferennita Harianti Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung Pendahuluan Menurut Undang-Undang Nomor 20. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/must.v3i1.1611

Herdiman. (2017). Penerapan pendekaran open-ended untuk meningkatkan penalaran matematika siswa SMP. JES-MAT, 3(2), 195–204. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.25134%2Fjes-mat.v3i2.691

Hidayati, Y. M. (2012). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan Dengan Metode Contextual Teaching and Learning (Ctl) Di Sd Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 86–94. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/humaniora.v13i1.919

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.1063/1.4944618

Padri, I. M., Utari, S., Nurhidayah, F., & Permatasari, I. (2012). Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 219–225. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.248

Pranandari, I. W., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas , Hubungan Teman Sebaya (peer relationships), dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 480–485. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6176

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.1093/brain/awt103

Qisthy, F. M. A. Q., & Sukardi, D. (2012). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learn- Bentuknya Harga Pasar Terhadap Peningkatan Hasil Bela-. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–6. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/547

Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115

Sugianto, H. (2014). Penerapan Model Kontekstual Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Literasi Sains Siswa Pada Materi Fluida Di Sma Kelas XI IPA. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 14(1), 7–1. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3207

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Wahyudi, A., & Indri. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, 18(2), 22–37. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/123/137

Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305

Diterbitkan

2020-10-21

Cara Mengutip

Parhusip, Y. P., & Asri Hardini, A. T. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.27954

Terbitan

Bagian

Articles