Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Bermain Peran di Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.28177Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pendidikan karakter sehingga berdampak pada sikap siswa yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui bermain peran di kelas II. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus dengan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data statistik kualitatif menggunakan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi berupa pengumpulan data, seleksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penellitian menunjukkan ada beberapa nilai-nilai karakter yang terintegrasi melalui permainan bermain peran yaitu nilai religius, nilai disiplin, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai demokratis, dan nilai tanggungjawab. Simpulan penelitian ini adalah melalui permaianan bermain peran terdapat nilai-nilai karakter yang terintegrasi didalamnya. Implikasi penelitian ini berdampak pada karakter siswa yang semakin baik dan kegiatan belajar menjadi lebih aktif karena siswa menyukai pembelajaran Bahasa Indonesia melalui bermain peran karena menciptakan suasana yang menyenangkan
Referensi
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKN Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu (Research & Learning in Elementary Education), 2(1), 33–34. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.119
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Quipper School. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334–350. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3635
Budi Febriyanto. (2019). Metode Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1388
Dardiri, A., Mujiyono, M., & Ichwanto, M. A. (2017). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuran Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 40(2), 193–203. https://doi.org/10.17977/um031v40i22017p193
Dewi, T. R., Tegeh, I. M., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gusus III Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10874
Dharmawan, D. W., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3113
Fatimah, D. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.15294/jubk.v4i1.6871
Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.6-12
Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Varidika, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356
Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa Di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254
Liu, K. (2019). Mengembangkan Keterampilan Membaca Kritis melalui Analisis Gaya di Kelas Bahasa Inggris Perguruan Tinggi Terintegrasi. Teori Dan Praktek Dalam Studi Bahasa, 9(3), 341–346. https://doi.org/10.17507/tpls.0903.13
Maulida, M., Wati, M., & An’nur, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.760
Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Musaffak. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Pengambil Matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM Semester II 2012 Dengan Strategi Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4). https://doi.org/10.17977/jph.v1i4.4145
Oktivianto, O. I., Hudaidah, H., & Alian, A. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 113. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p113-118
Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MI/SD Dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1). https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.406
Raditya, A., & Iskandar, R. S. F. (2020). Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 232–145. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4066
Ramadan, S., & Mulyat, Y. (2020). Makna Kata Dalam Bahasa Indonesia (Salah Kaprah Dan Upaya Perbaikannya). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(1), 90–105. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i1.1036
Ramadhanti, D. (2015). Strategi Penggunaan Kosakata Dan Tata Bahasa Dalam Berita Harian Umum Independen Singgalang. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1160
Rosnawati, Atmaja, H. ., & Suhandini, P. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermain Peran Untuk Peningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Kelas V Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan. Journal of Primary Education, 4(2), 147–151. https://doi.org/10.15294/jpe.v4i2.10977
Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9
Sufanti, M., Hakim, L., & Luckiyanti, R. (2017). Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Soal Tes Sumatif Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 SMP. Kajian Linguistik Dan Sastra, 26(2). https://doi.org/10.23917/kls.v26i2.4112
Tisnasari, S. (2017). Analisis Kesalahan Bahasa Pada Bangun Dan Perpaduan Leksem Bahasa Indonesia. Jurnal Handayani (JH), 7(1), 28–37. https://doi.org/10.24114/jh.v7i1.6572
Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI Sma Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 81. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743
Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 4(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.