Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Bermain Peran di Kelas II

Penulis

  • Nurulita Anisa Amalia Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini
  • Muhammad Arief Budiman

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.28177

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pendidikan karakter sehingga berdampak pada sikap siswa yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui bermain peran di kelas II. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus dengan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data statistik kualitatif menggunakan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi berupa pengumpulan data, seleksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penellitian menunjukkan ada beberapa nilai-nilai karakter yang terintegrasi melalui permainan bermain peran yaitu nilai religius, nilai disiplin, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai demokratis, dan nilai tanggungjawab. Simpulan penelitian ini adalah melalui permaianan bermain peran terdapat nilai-nilai karakter yang terintegrasi didalamnya. Implikasi penelitian ini berdampak pada karakter siswa yang semakin baik dan kegiatan belajar menjadi lebih aktif karena siswa menyukai pembelajaran Bahasa Indonesia melalui bermain peran karena menciptakan suasana yang menyenangkan

Referensi

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKN Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu (Research & Learning in Elementary Education), 2(1), 33–34. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.119

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Quipper School. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334–350. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3635

Budi Febriyanto. (2019). Metode Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1388

Dardiri, A., Mujiyono, M., & Ichwanto, M. A. (2017). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuran Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 40(2), 193–203. https://doi.org/10.17977/um031v40i22017p193

Dewi, T. R., Tegeh, I. M., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gusus III Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10874

Dharmawan, D. W., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3113

Fatimah, D. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.15294/jubk.v4i1.6871

Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.6-12

Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Varidika, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa Di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Liu, K. (2019). Mengembangkan Keterampilan Membaca Kritis melalui Analisis Gaya di Kelas Bahasa Inggris Perguruan Tinggi Terintegrasi. Teori Dan Praktek Dalam Studi Bahasa, 9(3), 341–346. https://doi.org/10.17507/tpls.0903.13

Maulida, M., Wati, M., & An’nur, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.760

Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234

Musaffak. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Pengambil Matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM Semester II 2012 Dengan Strategi Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4). https://doi.org/10.17977/jph.v1i4.4145

Oktivianto, O. I., Hudaidah, H., & Alian, A. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 113. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p113-118

Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MI/SD Dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1). https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.406

Raditya, A., & Iskandar, R. S. F. (2020). Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 232–145. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4066

Ramadan, S., & Mulyat, Y. (2020). Makna Kata Dalam Bahasa Indonesia (Salah Kaprah Dan Upaya Perbaikannya). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(1), 90–105. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i1.1036

Ramadhanti, D. (2015). Strategi Penggunaan Kosakata Dan Tata Bahasa Dalam Berita Harian Umum Independen Singgalang. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1160

Rosnawati, Atmaja, H. ., & Suhandini, P. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermain Peran Untuk Peningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Kelas V Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan. Journal of Primary Education, 4(2), 147–151. https://doi.org/10.15294/jpe.v4i2.10977

Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.9

Sufanti, M., Hakim, L., & Luckiyanti, R. (2017). Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Soal Tes Sumatif Bahasa Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 SMP. Kajian Linguistik Dan Sastra, 26(2). https://doi.org/10.23917/kls.v26i2.4112

Tisnasari, S. (2017). Analisis Kesalahan Bahasa Pada Bangun Dan Perpaduan Leksem Bahasa Indonesia. Jurnal Handayani (JH), 7(1), 28–37. https://doi.org/10.24114/jh.v7i1.6572

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI Sma Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 81. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743

Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 4(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Diterbitkan

2021-04-07

Cara Mengutip

Amalia, N. A., Listyarini, I., & Budiman, M. A. (2021). Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Bermain Peran di Kelas II. Mimbar Ilmu, 26(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.28177

Terbitan

Bagian

Articles