Model Inside Outside Circle dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31499Abstract
Hasil belajar penilaian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai masih berada di bawah nilai KKM Ekonomi yang telah ditetapkan guru. Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar siswa belum mampu membuat siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi antara kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) dan model ceramah bervariasi kelompok siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dan yang mempunyai aktivitas belajar rendah, serta interaksi antara penggunaan model IOC dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini yakni penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan secara kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar dan angket. Uji analisis data menggunakan ANOVA untuk mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian ini yaitu, hipotesis pertama diperoleh pengaruh positif nilai F sebesar 21,840 dengan signifikansi sebesar 0,000 (Sig < 0,05), hipotesis kedua menunjukkan angka signifikansi yaitu Sig. 0,001 < 0,05, hipotesis ketiga menunjukkan angka signifikansi yaitu Sig 0,036 < 0,05. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dan aktivitas belajar siswa berpengaruh kuat secara signifikansi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran Ekonomi. Implikasi dari penelitian ini yakni untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa serta memberikan efek pembelajaran bermakna terhadap aktivitas belajar siswa.
References
Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.180
Darmawan. (2010). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Di MI Darrusaadah Pandeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1). Retrieved from http://jurnal.upi.edu/md/view/195/penggunaan-pembelajaran-berbasis-masalah-dalam-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-pada-pembelajaran-ips-di-mi-darrusaadah-pandeglang.html
Dewi, C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 567–575. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575
Donas Ahmad Najib &Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063
Haryanti, Y. D. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Inside-Outside Circle. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.337
Jailani. (2017). Penggunaan Peta Konsep Untuk Belajar Bermakna Dan Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Education, 6(1), 30–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Jatmiko, J. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Modul(Tps-M) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 417–426. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.511
Lindawati, Fatmariyanti, S. D., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen. Radiasi, 3(1).
Manik, Y. M., & Bangun, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Negeri 1 Perbaungan. Equilibrium, 7(2), 125–136.
Marjito, E. R., & Rizki, K. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. 53(9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Maryatun, & Metro, P. E. F. U. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Sma Pgri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan EKonomi, 5(1), 152–159.
Megawati, M., & Riastini. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus VII Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2450
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836
Mulyaningsih, S. T. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN Taman 03 Kota Madiun Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC). Jurnal Edukasi Gemilang, 3(3). Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/174
Ningtiyanti. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Cerita Diri Melalui Metode IOC (Inside Outside Circle). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 24–30. Retrieved from https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/357
Nukhikmah. (2013). Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA. Journal of Elementary Education, 2(2).
Nuraeni, D., Utaya, S., & Akbar, S. (2017). Aktivitas Belajar Dalam Pembelajaran Inside Outside Circle Melalui Lesson Study Pada Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1175–1181. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9931
Qusyairi, L. A. H., & Sakila, J. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 34–49. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57
Risvanelli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 44–56. https://doi.org/10.29210/02017116
Rochimatun, S. (2016). Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Materi Pokok Ekonomi dan Sistem Ekonomi Pada Siswa Kelas X.3 Semester Satu SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 12–23. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10659
Sulistyowati, Yunik, Widiyanto, & Sukardi, F. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–6.
Susanti, V. D. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (Tps) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Vii Smp Negeri 2 Kebonsari Tahun Ajaran 2011/2012. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(2), 32. https://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476
Wahyudi, D., & Marwiyanti, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 267–292. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2369
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.