Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.34538Kata Kunci:
kepuasan mahasiswa, mutu pelayanan pendidikanAbstrak
Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap jasa pelayanan pendidikan yang diterima dapat diketahui dengan cara membandingkan antara harapan dengan kenyataan. Namun, masih banyak mahasiswa yang merasakan puas mengikuti pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa dan mutu pelayanan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap mutu pelayanan Pendidikan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI dan IV. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan kuesioner. Hasil yang diperoleh dengan skala kepuasan mahasiswa. Ditinjau dari kenyataan dan harapan bahwa mayoritas mahasiswa memilih dengan tingkat kepuasan pada kategori cukup puas yaitu sebanyak 89 % , Sementara untuk hasil kepuasan pada kategori penting sebagian besar, 57 % penting untuk mendapatkan perhatian untuk dilengkapi, sehingga mampu meningkatkan kepuasan mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa dalam kenyataan dan harapan terhadap tingkat layanan cukup memuaskan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan layanan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi mutu pendidikan.
Referensi
Arifin, Z., Indonesia, U. P., & Kejuruan, S. M. (2012). Implementasi Manajemen Stratejik Berbasis Kemitraan dalam Meningkatkan Mutu SMK (Studi Pada SMK Kelompok Teknologi Bidang Otomotif di Kota Yogyakarta). Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 14(1), 60–70. https://doi.org/10.17509/jap.v14i1.6708.
Bhakti, Y. B., & Rahmawati, E. Y. (2017). Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan. Jurnal Formatif, 7(3), 272–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2238.
Husna, M., & Lubis, P. H. (2019). Pengaruh Motivasi Utilitarian dan Motivasi Hedonis Kepuasan Pelanggan pada Pengunjung Sport Station Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 230–244. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/908.
Indrajit. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Universitas Swasta di Minahasa Utara. Klabat Journal of Management, 1(1), 55–65. https://doi.org/10.31154/kjm.v1i1.449.55-65.
Mahsup, Ibrahim, Muhardini, S., Nurjannah, & Eka Fitriani. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan, 6(3), 609–616. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673.
Nurjannah, N. (2020). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Iai Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 51–57. https://doi.org/10.21009/10.21009/jep.0122.
Rahmadi, I. F., Khaerudin, K., & Kustandi, C. (2018). Kebutuhan Sumber Belajar Mahasiswa yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perguruan Tinggi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 120–136. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8620.
Rinaldi, M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. NIAGAWAN, 8(3), 148. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15573.
Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 372(2), 2499–2508. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79.
Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Implikasinya pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 41. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.491.
Sumarmi, S., & Rostini, D. (2019). Manajemen Pembelajaran, Kompetensi Lulusan Implementasi Manajemen Pembelajaran untuk Mempersiapkan Uji Kompetensi. Nusantara Education Review.
Syarifudin. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkan Social Distancing. 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Udjang, R., & Subarjo, S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa pada Kualitas Layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 7(1), 64–75. https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i1.675.
Umam, muhamad khoirul. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1–20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115.
Usman, J. (2016). Urgensi Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219. https://doi.org/10.19105/tadris.v11i2.1170.
Widiyani, N. L. I. A., & Badera, I. D. N. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan Lama Masa Studi pada Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 188. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i01.p13.
Wijayanti, I. D. (2020). Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Pendidikan Berbasis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 di Madrasah Ibtidaiyah Se-Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Madrasa, 5(2), 295–303. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-18.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.