Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36919Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Berpikir KritisAbstrak
Peserta didik memiliki rasa ketakutan dan kesulitan dalam pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena abstraksi pembelajaran matematika sulit dipecahkan dan metode mengajar yang tidak tepat. Pembelajaran matematika yang membutuhkan pikiran dan analisis yang tinggi seharusnya dimulai dari pemberian motivasi agar peserta didik menjadi rileks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis pada materi bangun datar di kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian asosiatif dengan desain korelasional dan teknik survei untuk mengetahui hubungan sebab-akibat antarvariable tanpa adanya tindakan dari peneliti. Penelitian dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah 171 populasi. Dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling maka sampel yang diperoleh berjumlah 64 sampel. Berdasarkan analisis data kuantitatif deskrptif, maka diperoleh hasil nilai Sig F Change <0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dengan hasil 0,411 > daripada 0,246, sehingga koefisien korelasi sebesar 0,411 yang berkategori derajat hubungan sedang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata skor yang menunjukkan kategori baik yaitu kecerdasan emosional 73,1 dengan persentase 86,00%, sedangkan kemampuan berpikir kritis 73,0 dengan persentase 91,00%. Dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berhubungan dengan kemampuan berpikir kritis. Untuk meningkatakan kemampuan berpikir kritis, siswa harus mampu mengontrol emosi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Referensi
Afshara, H. S., & Masoud Rahimi. (2014). The Relationship among Critical Thinking, Emotional Intelligence, and Speaking Abilities of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 136(9), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.291.
Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5(1), 27–35. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/1354.
Anggraeny, T. K., Rohana, R., & Jayanti, J. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3001.
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.
Costa, M. G. da, Pinto, L. H., Martins, H., & Vieira, D. A. (2021). Developing Psychological Capital and Emotional Intelligence in Higher Education: A Field Experiment with Economics and Management Students. The International Journal of Management Education, 19(3), 100516. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100516.
Dara Asshofi, M. P., & Damayani, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881.
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.
Erdogan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research, 7(11), 113–124.
Fikri, K., Yani, A., & Ijuddin, R. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pontianak. Fkip Prodi Matematika Untan Pontianak, 2.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822.
Gunarsih, F. D. (2016). Hubungan Interaksi Sosial, Konsep Diri, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri DI Kecamatan Pituruh. EKUIVALEN, 20(2), 211–216. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2901.
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165.
Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.585.
Harahap, S. K. & H. S. (2017). Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 361–366. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i3.8041.
Hülya Kaya PhD, B., Emine Şenyuva PhD, B., & Gönül Bodur PhD, B. (2017). Developing Critical Thinking Disposition and Emotional Intelligence of Nursing Students: A Longitudinal Research. Nurse Education Today, 48, 72–77. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.09.011.
Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik dan Verbal dalam Berpikir Kritis Matematika pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5443.
Kaya, H., Şenyuva, E., & Gönül Bodur. (2018). The Relationship between Critical Thinking and Emotional Intelligence in Nursing Students: A LongitudinalSstudy. Nurse Education Today, 68, 26–32. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.05.024.
Lee, J.-Y., & Sook-Young Kim. (2021). Mediating Effects of Emotional Intelligence and Resilience on the Relationship between Type D Personality and Caring Ability in Nursing Students: A cross-Sectional Study. Nurse Education Today, 16, 105151. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.105151.
Li, Y., Li, K., Wei, W., Dong, J., Wang, C., Jiaxin, Y. F., & Li Xin Peng. (2021). Critical thinking, Emotional Intelligence and Conflict Management Styles of Medical Students: A Cross-Sectional Study. Thinking Skills and Creativity, 40, 100799. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100799.
Mei Alfian Nita. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI Program Keahlian Jasa Boga di SMA Negeri 1 Ngasem. Simki-Techsin, 01(01), 1–7.
Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial dan Kemampuan Berpikir Divergen terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 171. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3216.
Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The Effect of Mind Mapping on Young Children’s Critical Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743
Putri, D. P. (2019). Peran dan Kontribusi Ilmuwan Muslim dalam Pembelajaran Matematika. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 63. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.822.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.
Sk, S., & Halder, S. (2020). Critical Thinking Disposition of Undergraduate Students in Relation to Emotional Intelligence: Gender as a Moderator. Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05477.
Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229.
Sulistianingsih, P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 129–139. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1899.
Suwardi, S. A., & Suwardi, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 10. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1292.
Zhao, J., Zheng, H., Zhong, C. W., J.Vijayashree, & J.Jayashreed. (2021). Moderating Role in the Relationship between Job Stress and Deviant Emotional Intelligence in Education. Aggression and Violent Behavior, 101626. https://doi.org/10.1016/j.avb.2021.101626.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.