Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Konservasi Lingkungan pada Topik Siklus Air Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37829Kata Kunci:
Media, audio, visual, konservasi, lingkunganAbstrak
Metode pemberian tugas yang masih dominan digunakan oleh guru dan sulitnya menanamkan nilai karakter selama kegiatan belajar dari rumah, membuat pelaksanaan proses pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk media pembelajaran audio visual berbasis konservasi lingkungan untuk siswa kelas V SD dan mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis konservasi linkungan yang teruji validitasnya. Penelitian ini mengacu pada prosedur model pengembangan 4D. Subjek uji coba penelitian yaitu 4 pakar (2 dosen pembimbing, pakar desain dan media pembelajaran), 2 praktisi, dan 22 siswa kelas V SD (6 orang siswa untuk respon perorangan, dan 16 orang siswa untuk respon kelompok kecil). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data hasil validasi pakar dianalisis dengan menggunakan rumus indeks validasi Aiken, serta menghitung rata-rata skor respon praktisi dan siswa. Hasil analisis data validitas pakar dari aspek isi materi berada pada rentang 0,813 – 1, aspek desain pembelajaran berada pada rentang 0,813 – 1, sedangkan aspek media pembelajaran berada pada rentang 0,938 – 1. Hal ini menandakan bahwa validitas isi produk tinggi. Uji respon praktisi memperoleh skor rata-rata 4,97, rata-rata skor respon siswa perseorangan 4,83, dan respon siswa kelompok kecil yaitu 4,89. Hal ini berarti semua aspek uji respon terhadap produk memiliki kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, media pembelajaran audio visual berbasis konservasi lingkungan layak digunakan pada topik siklus air kelas V SD.Referensi
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227.
Andersen, F., Danny, King, C. L., & Gunawan, A. A. S. (2021). Audio Influence on Game Atmosphere during Various Game Events. Procedia Computer Science, 179, 222–231. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.001.
Andriani, Mushafanah, Q., & Wardhana, M. Y. S. (2019). Keefektifan Media Roda Jelajah Indonesia terhadap Hasil Belajar Materi Tematik. International Journal of Elementary Education, 3(2), 194. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18528.
Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.
Aulia, J., Permana P, N. D., Zarkasih, Z., & Nova, T. L. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9617.
Bigelow, F. J., Clark, G. M., Lum, J. A. G., & Enticott, P. G. (2021). The Mediating Effect of Language on the Development of Cognitive and Affective Theory of Mind. Journal of Experimental Child Psychology, 209, 105158. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105158.
Damsa, C., Langford, M., Uehara, D., & Scherer, R. (2021). Teachers’ Agency and Online Education in Times of Crisis. Computers in Human Behavior, 121, 106793. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106793.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning during COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.
Dwintasari, Y., & Kurniawati, F. (2019). Persepsi Siswa terhadap Instruksi Guru yang Mengembangkan Strategi Belajar Regulasi Diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 57–77. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2280.
Fitriani, A. A., Ulfa, S., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia debagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar di Rumah. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303–316. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p303.
Handayani, N. F., & Gafur, A. (2020). Professionalism of Civics Teacher Facing Educational Challenges in the Era of the Covid-19 Pandemic. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2183.
Herff, S. A., Olsen, K. N., Anic, A., & Schaal, N. K. (2019). Investigating Cumulative Disruptive Interference in Memory for Melodies, Words, and Pictures. New Ideas in Psychology, 55, 68–77. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2019.04.004.
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP : Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045.
Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156.
Jena, P. K. (2020). Impact of Pandemic COVID-19 on Education in India. International Journal of Current Research (IJCR), 12(07). https://doi.org/10.31235/osf.io/2kasu.
Karlina, N., & Setiyadi, R. (2019). The Use of Audio-Visual Learning Media in Improving Student Concentration in Energy Materials. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(1), 17. https://doi.org/10.22460/pej.v3i1.1229.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293.
Maulidah, & Syakur, A. (2018). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Materi Dongeng Pada Murid Kelas V. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 408. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1169.
Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Ope, 1, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.
Mustofa, S. P., Wihidayat, E. S., & Hatta, P. (2018). Can the Use of Video Learning Increase Student’s Interest in Traditional Music? IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(1), 13. https://doi.org/10.20961/ijie.v2i1.12998.
Naldi, H. (2018). Perkembangan Kognitif, Bahasa dan Perkembangan Sosioemosional serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 102. https://doi.org/10.24036/scs.v5i2.110.
Pattemore, A., & Muñoz, C. (2020). Learning L2 Constructions from Captioned Audio-Visual Exposure: The Effect of Learner-Related Factors. System, 93, 102303. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102303.
Pradana, D., Abidin, Z., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 7(2), 96–106. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622.
Puteri, W. A., Maharani, D. A., & Wulandari, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa selama Masa Pandemi Covid-19 pada Sd N 1 Serayu Larangan. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 122. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3146.
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377.
Rahayu, N. N. D., Margunayasa, I. G., & Fakhriyah, F. (2020). Alat Gerak Hewan dan Manusia Dikemas dalam Media Pop-Up Book. International Journal of Elementary Education, 4(2), 138. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.24493.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rif’ah, R. (2020). Membangun Karakter Peduli Lingkungan melalui Prinsip Kebersihan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 149–156. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.188.
Safitri, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “Kelas BANGTAR” Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–1002. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.580.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.
Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329.
Sari, A. P., & Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, 3(2), 100–109. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal.
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.
Selvaraj, A., Radhin, V., KA, N., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021). Effect of Pandemic Based Online Education on Teaching and Learning System. International Journal of Educational Development, 85, 102444. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102444.
Silverman, R. D., Artzi, L., McNeish, D. M., Hartranft, A. M., Martin-Beltran, M., & Peercy, M. (2019). The Relationship Between Media Type and Vocabulary Learning in a Cross Age Peer-Learning Program for Linguistically Diverse Elementary School Students. Contemporary Educational Psychology, 56, 106–116. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.12.004.
Solekhah, H. (2020). Distance Learning of Indonesian Early Childhood Education (PAUD) during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v2i2.409.
Suryansah, T., & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393.
Sutrisno. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Video-klip Info Artikel Abstract. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.4528.
Takaeb, M. J., & Mone, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Soe. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.24246/juses.v1i2p33-38.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta Graha Ilmu.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Winarto, W., Syahid, A., & Saguni, F. (2020). Effectiveness the Use of Audio Visual Media in Teaching Islamic Religious Education. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 81–107. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol2.iss1.14.
Yazar, T., & Arifoglu, G. (2012). A Research of Audio Visual Educational Aids on the Creativity Levels of 4-14 Year Old Children as a Process in Primary Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 301–306. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.163.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.