EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN SELF NURTURANCE

Authors

  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Adi Mahendra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21264

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efetivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik modeling  melalui lesson study untuk meningkatkan Self Nurturance  siswa kelas X BDPM A SMK Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini termasuk “quasi exsperiment”. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pretest Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa siswi kelas X SMK Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 71 siswa. Melalui teknik random sampling, 34 siswa ditempatkan dikelompok eksperimen dan 37 siswa ditempatkan pada kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, buku harian dan kuesioner Self Nurturance. Kuesioner self nurturance telah teruji validitas dan realibilitasnya. Analisis data kuesioner menggunakan metode Alpha Cronbach. Penelitian in menggunakan uji Independent Samples t-test dengan bantuan JASP Version 0.7.5.5 menunjukkan nilai hasil uji hipotesis menggunakan Independent Samples t-test, mendapatkan t  = 9.347 dengan p < 0.05. Pengujian Effect Size (ES) menunjukkan tingkat keefektifan yang tinggi (ES= 2.221). Hasil tersebut membuktikan bahwa konseling behavioral dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan Self Nurturance siswa kelas X di SMK Negeri 1 Singaraja.

 

Kata-kata kunci : Konseling Behavioral, Lesson Study, Self Nurturance, Teknik Modeling

 

Abstract

This study aims to determine the difference of Fifth grade IPS learning outcomes of elementary school in Gugus II Tejakula Sub-district on even semester of 2017/2018 between group of students who are taught using Course Review Horay learning model with audio visual and group of students who are not taught using Course Review Horay learning model. This research is quasi experiment with non equivalent design post-test only control group design. The population of this study is all Fifth grade of elementary school students in Gugus II Tejakula sub-district academic year 2016/2017 in total of 162 students. The sample in this study is Fifth grade students of SD Negeri 5 Les in total 30 students and Fifth grade students of SD Negeri 1 Les counted 39 people, determined by random sampling technique. The result was obtained through multiple choice instrument test method which analyzed by using descriptive statistical and inferential statistical test (t-test). The result showed that there was a significant effect of IPS learning outcomes between groups of students who were taught using learning model of Course Reviews Horay helped by audio visual media and group of students who were not taught of using Course Review Horay model, with t-count = 2,384 bigger than t-tab = 1,980. This means that the difference application of learning model can affect the Fifth grade's IPS learning outcomes in Gugus II Tejakula sub-district even semester of academic year 2017/2018. Recommendation for the teachers in improving the Fifth grade's IPS learning outcomes in Sub-district II Tejakula is to use learning model of Course Review Horay assisted by audio visual media.

 

Keywords: Behavioral Counseling, Lesson Study, Self Nurturance, Modeling Techniqu

References

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Prakterk Konseling dan Psikoterapi.Jakarta: Refika Aditama

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Jakarta:Salemba Empat

Dharsana, K. (2013). Modul Teori-Teori Konseling. Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling, FIP UNDIKSHA.

Dharsana, Ketut. 2013. Teori-teori konseling. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dharsana, Ketut. 2014. Model-model, Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Dharsana, K. (2014a). Model-model konseling, teori-teori konseling. (J. B. Konseling, Ed.). singaraja.

Dharsana, K. (2014b). Model-Model Teori, Teknik, Skill Bimbingan Konseling. (J.B.K.F.I.P.U.P. Ganesha, Ed.). Singaraja.

Dharsana K. (2010). Model-Model Konseling. Singaraja: Profit Press.

Sugiyanto,1984. Psikologi Pendidikan:Semarang.Unnesa

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara

Wiharto, M. 2017. Kegiatan Lesson Study Dalam Pembelajaran. In FGD-Pengayaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (pp. 22–30).

Yulianto, Ardhitya Dwi. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Mengurangi Perilaku Agresif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Konseling Vol.17 No. 1 Hal. 1-10. Tersedia Pada: http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIK/article/download/591/633.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Dharsana, I. K., Suarni, N. K., & Adi Mahendra, I. G. N. (2019). EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN SELF NURTURANCE. Mimbar Ilmu, 24(2), 167–173. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21264

Issue

Section

Articles