Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19

Penulis

  • Siti Hamida Universitas Islam Riau
  • Elpri Darta Putra Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39024

Kata Kunci:

Orangtua, Motivasi Belajar, Pandemi COVID-19

Abstrak

Pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap Pendidikan, yaitu salah satunya rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar, dengan subjek 3 siswa dan 3 orang tua siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut. Subjek pertama, orang tua memiliki peran yang tinggi dalam motivasi belajar siswa. Subjek memiliki motivasi belajar yang tinggi. Subjek kedua, orang tua memiliki peran memotivasi belajar siswa yang rata-rata. Subjek memiliki motivasi belajar yang rata-rata. Subjek ketiga, peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa cukup rendah.Subjek memiliki motivasi belajar yang cukup rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting untuk mengembangkan kemampuan anak-anaknya. Orang tua adalah yang pertama dan pendidik utama dalam lingkungan keluarga. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang maksimal agar anak terdidik dalam segala aspek dan meningkatkan peran orang tua sebagai pendidik dalam keluarga. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya memotivasi mereka dengan cepat. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Referensi

Aisyatinnaba, N., & Sutoyo, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(4), 54–57. https://doi.org/10.15294/IJGC.V5I4.13520.

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The Role of Motivations and Perceptions on the Retention of Inservice Teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186.

Ambarwati, Awalul Badriyatal, I. A. I. N. P. 2020. (2013). Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (Btq) terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak di Madrasah Diniyah Thoriqul Ihsan Bulu Kidul Balong Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL Classes must go Online! Teaching Activities and Challenges During COVID-19 Pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76.

Cahyaningtyas, T. N. (2020). Analisis Dampak Pandemi Virus Corona terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas II SD Percobaan II Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 1–7. https://conference.unikama.ac.id/artikel/.

Cheung, S. K., & Joyce Lok YinKwan. (2021). Parents’ Perceived Goals for Early Mathematics Learning and Their Relations with Children’s Motivation to Learn Mathematics. Early Childhood Research Quarterly, 56(3), 90–102. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.03.003.

Dewi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Aspek Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. 5(02), 55–62. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3066.

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua pada Anak di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441.

Efendi, & Didik. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Model Distance Learning di Sekolah Dasar Kota Jayapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 54–66. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.400.

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Garbe, A., Ogurlu, U., Logan, N., & Cook, P. (2020). Parents’ Experiences with Remote Education during COVID-19 School Closures. American Journal of Qualitative Research, 4(3), 45–65. https://doi.org/10.29333/ajqr/8471.

Gerhardt-Szép, S., Dreher, S., Rüttermann, S., & Weberschock, T. (2017). Konzeption und Implementierung eines neuartigen E-Learning-Moduls mit EbM-Lerninhalten im Fach Zahnerhaltungskunde. Zeitschrift Fur Evidenz, Fortbildung Und Qualitat Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.

Green, J. K., Burrow, M. S., & Carvalho, L. (2020). Designing for Transition: Supporting Teachers and Students Cope with Emergency Remote Education. Postdigital Science and Education, 2(3), 906–922. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6.

Guay, F., Chanal, J., Ratelle, C. F., Marsh, H., Larose, S., & Boivin, M. (2010). Intrinsic, identified, and Controlled Types of Motivation for School Subjects in Young Elementary School Children. British Journal of Educational Psychology, 80(4), 711–735. https://doi.org/10.1348/000709910X499084.

Hafida, dkk. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa selama Pembelajaran Daring di Tengah Pendemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education Scince, 2(2), 82.

Hasgimianti, Nirwana, H., & Daharnis. (2017). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa yang Berlatar Belakang Melayu dan Jawa. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 130 – 143. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.062.02.

Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4222.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(1), 91 – 96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313.

Nouwen, M., & Zaman, B. (2018). Redefining the Role of Parents in Young Children’s Online Interactions. A Value-Sensitive Design Case Study. International Journal of ChildComputer Interaction, 18, 22–26.

Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317.

Nur, A. S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89 – 96. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067.

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii SMPN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769.

Permana, A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.999.

Pohan, S. S. (2020). Paradigma Pengajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi Guru Sekolah Dasar. Satya Widya, 3, 25–34.

Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The Effect of Mind Mapping on Young Children’s Critical Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.

Rusmiati, A. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). PThe Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 pandemic Period : A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi, 6(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804.

Santosa, A. I., Rafli, Z., & Lustyantie, N. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(2), 69–80. https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103.

Saya, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–6.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 20(1), 1–3.

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573.

Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini di masa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792.

Wardana, M. D. K. (2016). Implementasi Surat Edaran Mendikbud terhadap Peran Orang Tua pada Hari Pertama Sekolah. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 169 – 178. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.248.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orang tua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangt ua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Diterbitkan

2021-08-30

Cara Mengutip

Hamida, S., & Putra, E. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Mimbar Ilmu, 26(2), 302–308. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39024

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama