Penguatan Literasi Perpajakan Melalui MPK Bahasa Indonesia sebagai Implementasi Karakter Nasionalis

Penulis

  • Kadek Trina Des Ryantini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Yoga Putra Semadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Putu Eka Damayanthi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51410

Kata Kunci:

Literasi perpajakan, Pembelajaran, MPK Bahasa Indonesia

Abstrak

Pengetahuan perpajakan masyarakat masih tergolong rendah sehingga berimbas pada kesadaran dan kepatuhan pajak. Rendahnya kesadaran pajak disebabkan oleh rendahnya tingkat literasi perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan literasi perpajakan melalui MPK Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitiatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa rombel MPK Undiksha sebanyak 196 orang. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selanjutnya, dilakukan triangulasi data, peneliti, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan mahasiswa sebagai calon wajib pajak meningkat setelah diberikan penguatan literasi perpajakan melalui MPK bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa penguatan literasi perpajakan dalam pembelajaran MPK di perguruan tinggi harus dilanjutkan sehingga dapat menguatkan nilai-nilai karakter bangsa. Kesadaran pajak perlu diangkat untuk diajarkan kepada generasi muda. Dengan demikian, edukasi perpajakan melalui literasi perpajakan memang sangat penting diberikan kepada peserta didik sebagai wujud pelaksanaan pendidikan karakter.

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Developing Literacy Learning Model Based On Multi Literacy, Integrated, And Differentiated Concept At Primary School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283

Aditya, O. R., & Surjono, W. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan), 2(1), 49. https://doi.org/10.32897/sikap.v2i1.64. DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v2i1.64

Andarwati, M. (2017). Menguatkan Karakter Bhineka Tunggal Ika Melalui Pembelajaran Sejarah di Kelas. Jurnal Sains Psikologi, 11(2), 172–179. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um020v11i22017p174. DOI: https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p174

Arianti, B. F. (2020). Pengaruh Pendapatan dan Perilaku Keuangan terhadap Literasi Keuangan Melalui Keputusan Berinvestasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 10(1), 13–36. https://doi.org/10.3369/j.akuntansi.10.1.13-36. DOI: https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.13-36

Arsandi, S. A., & Nyarwi, A. (2022). Kebijakan Inklusi Kesadaran pajak dan Strategi Komunikasi DJP: Studi Kasus Program pajak Bertutur. Jurnal Jati, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.18196/jati.v5i1.13814 DOI: https://doi.org/10.18196/jati.v5i1.13814

Diyanto, D., Yuliejantiningsih, Y., & Murniati, N. A. N. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Pgri Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3), 345–362. https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3149. DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3149

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadansi Moral Melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(14), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289. DOI: https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289

Fitriani, Y., & Azis, I. A. (2019). Literasi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(1), 100. https://doi.org/10.22219/.v3i1.2592.

Hadiansah, D., & Sauri, R. S. (2021). Gerakan Literasi Baca-Tulis (Glbt) Dalam Membangun Ekosistem Sekolah Literat (Esl) Pada Sma Di Kabupaten Garut. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v3i1.3319. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v3i1.3319

Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095

Ibda, H. (2019). Penguatan Literasi Perpajakan Melalui Strategi “Gebuk” (Gerakan Membuat Kartu) NPWP pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), 83–98. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n2.p83-98. DOI: https://doi.org/10.26740/jepk.v7n2.p83-98

Julistiaty, Madhakomala, R., & Matin. (2018). Manajemen Pendidikan dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Tunas Bangsa Sunter. Jurnal Akuntabilitas Manajeman Pendidikan, 6(2), 75383. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.20618. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.20618

Jumady, E., Halim., A., Manja., D., & Amaliah, N. Q. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan terhadap Kinerja Usaha Kecil di Kota Makasar. Jurnal Ecogen, 5(2), 287–296. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12893. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12893

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.

Kuncoro, A., & Husnurrosyidah, H. (2017). Kinerja lembaga keuangan mikro syariah dan upaya untuk mempertahankan eksistensi perilaku masyarakat pedesaan. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 1(1), 63–74. https://doi.org/10.25139/jaap.v1i1.102. DOI: https://doi.org/10.25139/jaap.v1i1.102

Kuning, D. S. (2018). Character Education for Indonesia in Globalization Era. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 118–126. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1). https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Matanari, C., Gaol., R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 294–300. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11 (2), 225–238. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724

Muspikawijaya, Iswari, R., & Marianti, A. (2017). Analisis Kesulitan Peserta Didik SMA/MA Kabupaten Luwu Timur dalam Memahami Konsep pada Materi Metabolisme Sel. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 252–263. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/15439.

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Nasiruddin. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2), 232–333. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1933. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1933

Nurdin, N. (2019). Urgensi Literasi Sains Dalam Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara PAI BDK Aceh Di Era Millenial. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476

Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 01(02), 128–135. https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.27. DOI: https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.27

Prasarti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan perilaku milineal: peluang atau ancaman bonus demografi. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981. DOI: https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15394. DOI: https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Putry, R. (2018). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rohman, M. A. abdur. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi dan Implementasi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(2), 125–146. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559290.

Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak Rosikum. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.

Sari, A. Y., & Sa’ida, N. (2021). Investasi Edukasi Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi, 6(3), 2085–2094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1369. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1369

Setyowati, E., & Ningrum, M. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dan Nasionalisme Bagi Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 97–106. https://doi.org/10.2670/jp2kgaud.2020.1.2.97-106. DOI: https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.97-106

Shanty, D., & Mayangsari, S. (2017). Analisis Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Informasi Perpajakan Akuntansi Dan Keuangan Publik, 12(2), 103–120. https://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/jipak/article/view/5114. DOI: https://doi.org/10.25105/jipak.v12i2.5114

Shomiyatun, S. (2018). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 148–172. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41. DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41

Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453

Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme melalui Materi Sikap Semangat Kebangsaan dan Patriotisme dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara pada Pembelajaran PKn di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370. DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. JURNAL PENDIDIKAN: TEORI, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN, 4(8), 1113–1119. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684

Sukowidyanti, A. P., Nurlaily, F., & Aini, E. K. (2019). Pengembangan dan Pelatihan Perpajakan Games Edukasi Perpajakan Untuk Meningkatkan Kesadaran Pajak Early Tax Payer. JURNAL INOVASI HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 18–30. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1637. DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1637

Triana, I. D. S., & Iskatriah, I. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Dalam Menciptakan Pendidikan Karakter Yang Kuat Bagi Bangsa Indonesia Dalam Tatanan Hukum Nasional. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 356–567. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34138.

Utomo, A. P. Y. (2018). Cerita Anak, Literasi, dan Karakter. Https://Kongkrit.Com/Pendidikan-Karakter-Harus-Diterapkan-Sejak Dini/.

Vionita, & Kristanto, S. B. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak,dan Adanya Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Perpajakan bagi Prospective Taxpayer. JURNAL AKUNTANSI KONTEMPORER (JAKO), 10(2), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/jako.v10i2.2217.

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

Ryantini, K. T. D., Putra Semadi, Y., & Damayanthi, L. P. E. (2022). Penguatan Literasi Perpajakan Melalui MPK Bahasa Indonesia sebagai Implementasi Karakter Nasionalis. Mimbar Ilmu, 27(3), 493–500. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51410

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama