Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Setting lesson study dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.51742Kata Kunci:
NHT, Lesson Study, Hasil Belajar Pendidikan JasmaniAbstrak
Masalah pembelajaran Pendidikan Jasmani khususnya atletik pada nomor lompat jauh gaya jongkok belum memahami secara konseptual, maka mahasiswa tersebut perlu mendapatkan proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada nomor lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam setting lesson study dan pengaruhnya terhadap hasil belajar pendidikan jasmani mahasiswa. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pendidikan jasmani pada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model NHT dalam setting lesson study dan mahasiswa yang dibelajarkan secara konvensional. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan belajar pendidikan jasmani pada mahasiswa.
Referensi
Adhie, O. C. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Lompat Jauh Gaya Menggantung. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 580–584. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.604.
Afrianti, I., Wahyuni, N., & Rusdin, R. (2021). Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Menambah Penguasaan Leksikon Bahasa Inggris Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 150–157. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.97. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.97
Agus, R. M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kriteria Layanan Bantuan: Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Penjasorkes Slb Pkk Bandar Lampung. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 186–197. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/article/download/3019/2830. DOI: https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3019
Ambardini, R. L. (2009). Pendidikan jasmani dan prestasi akademik: Tinjauan neurosains. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 7. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132256204/Pendidikan Jasmani-Otak.pdf.
Ashari, L. H., Lestari, W., & Hidayat, T. (2016). Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Siswa Smp Kelas Viii Dengan Model Peer Asssessment Berbasis Android Pada Pembelajaran Penjasorkes Dalam Permainan Bola Voli. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5(1), 08–20. https://doi.org/10.15294/jrer.v5i1.14876.
Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64
Astuti, W. (2019). Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 605–610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.45. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.45
Aziz, M. A., & Yudi, A. A. (2019). Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik Dan Kecepatan Lari Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Patriot, 1(3), 1239–1246. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.389.
Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan pengetahuan anak difabel melalui pendidikan jasmani olahraga dan outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70–77. https://core.ac.uk/download/pdf/326808381.pdf. DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4777
Dharma, I. P. W., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 75–85. https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2892. DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2892
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275
Hafidz, I. A., Syafei, M. M., & Afrinaldi, R. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 104–109. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4637.
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513
Herman H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624. DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624
Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Lompat Spagat Dengan Menggunakan Alat Bantu. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 6(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/16453.
Huda, K., & Subiyono, H. S. (2012). Sumbangan kecepatan, berat badan, daya ledak terhadap lompat jauh. Journal of Sport Science and Fitness, 1(1). https://doi.org/10.15294/jssf.v1i1.209.
Idham Sumirat, Trimurtini, W. (2017). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9368.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.
Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12004. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12004
Kurnia, V. T., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together ( NHT ) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Sport Massase Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK-UM. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 1 – 16. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476
Kusdianto, H., & Sari, R. L. I. (2019). Bahan Ajar Ergosistema Berbasis E-Learning Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi-Ibu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5701. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5701
Listiono, B., & Winarni, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learnig. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 257–264. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2421. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2421
Lubis, T. M., Kurniawan, A., & Habsary, D. (2019). Pemanasan Zumba dalam Ekstrakurikuler Pembelajaran Tari Kreasi Di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung. Jurnal Seni Dan Pembelajaran, 7(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/17761.
Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536
Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515
Nopiyanto. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-An Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 139–148. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140.
Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196–205. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205
Purnama, S., Pitaloka, A., & Maharani, I. P. (2020). The Effectiveness of Somatic , Auditory , Visualization , and Intellectually and Numbered Head Together Learning Models Against Students ’ Mathematical Problem Solving Capabilities. Jurnal Matematika, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.24042/djm.
Ridwan, M., & Sumanto, A. (2017). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan dan Kelentukan dengan Kemampuan Lompat Jauh. Jurnal Performa Olahraga, 2(1), 69–81. https://doi.org/10.24036/jpo67019. DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.6376
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199.
Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 57. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664
Satyawan, I. M., Kardiawan, I. K. H., & Kusuma, K. C. A. (2020). Studi Kelayakan Pembentukan Program Studi Pendidikan Jasmani Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PJ PGSD) Tahun 2019. Jurnal Ika, 18(1), 73–84. https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28385.
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513. DOI: https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513
Simanungkalit, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa - Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(1), 89. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635
Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD melalui pembelajaran Kids atletik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 72–80. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189
Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38900
Syarif, A. (2017). Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan rekaman visual. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.5733. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.5733
Tusyana, E., & Luciana, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pkn. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812
Zainuri, K. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Longu pada Siswa Kelas IV SDN 37 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2513. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2513
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ida Bagus Gede Surya Abadi, I Komang Ngurah Wiyasa, DB. Kt. Ngr. Semara Putra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.