Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Setting lesson study dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Mahasiswa

Penulis

  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.51742

Kata Kunci:

NHT, Lesson Study, Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

Abstrak

Masalah pembelajaran Pendidikan Jasmani khususnya atletik pada nomor lompat jauh gaya jongkok belum memahami secara konseptual, maka mahasiswa tersebut perlu mendapatkan proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada nomor lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam setting lesson study dan pengaruhnya terhadap hasil belajar pendidikan jasmani mahasiswa. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pendidikan jasmani pada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model NHT dalam setting lesson study dan mahasiswa yang dibelajarkan secara konvensional. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan belajar pendidikan jasmani pada mahasiswa.

Referensi

Adhie, O. C. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Lompat Jauh Gaya Menggantung. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 580–584. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.604.

Afrianti, I., Wahyuni, N., & Rusdin, R. (2021). Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Menambah Penguasaan Leksikon Bahasa Inggris Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 150–157. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.97. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.97

Agus, R. M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kriteria Layanan Bantuan: Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Penjasorkes Slb Pkk Bandar Lampung. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 186–197. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/article/download/3019/2830. DOI: https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3019

Ambardini, R. L. (2009). Pendidikan jasmani dan prestasi akademik: Tinjauan neurosains. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(1), 7. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132256204/Pendidikan Jasmani-Otak.pdf.

Ashari, L. H., Lestari, W., & Hidayat, T. (2016). Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Siswa Smp Kelas Viii Dengan Model Peer Asssessment Berbasis Android Pada Pembelajaran Penjasorkes Dalam Permainan Bola Voli. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5(1), 08–20. https://doi.org/10.15294/jrer.v5i1.14876.

Asmi, A., Neldi, H., & FIK-UNP, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah. Jurnal MensSana, 3(1), 33. https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64

Astuti, W. (2019). Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 605–610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.45. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.45

Aziz, M. A., & Yudi, A. A. (2019). Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik Dan Kecepatan Lari Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Patriot, 1(3), 1239–1246. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.389.

Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan pengetahuan anak difabel melalui pendidikan jasmani olahraga dan outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70–77. https://core.ac.uk/download/pdf/326808381.pdf. DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4777

Dharma, I. P. W., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 75–85. https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2892. DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2892

Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275

Hafidz, I. A., Syafei, M. M., & Afrinaldi, R. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 104–109. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4637.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513

Herman H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624. DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624

Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Lompat Spagat Dengan Menggunakan Alat Bantu. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 6(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/16453.

Huda, K., & Subiyono, H. S. (2012). Sumbangan kecepatan, berat badan, daya ledak terhadap lompat jauh. Journal of Sport Science and Fitness, 1(1). https://doi.org/10.15294/jssf.v1i1.209.

Idham Sumirat, Trimurtini, W. (2017). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9368.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12004. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12004

Kurnia, V. T., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together ( NHT ) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772

Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Sport Massase Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK-UM. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 1 – 16. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476

Kusdianto, H., & Sari, R. L. I. (2019). Bahan Ajar Ergosistema Berbasis E-Learning Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi-Ibu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5701. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5701

Listiono, B., & Winarni, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learnig. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 257–264. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2421. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2421

Lubis, T. M., Kurniawan, A., & Habsary, D. (2019). Pemanasan Zumba dalam Ekstrakurikuler Pembelajaran Tari Kreasi Di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung. Jurnal Seni Dan Pembelajaran, 7(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSP/article/view/17761.

Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536

Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515

Nopiyanto. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-An Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 139–148. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140.

Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196–205. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205

Purnama, S., Pitaloka, A., & Maharani, I. P. (2020). The Effectiveness of Somatic , Auditory , Visualization , and Intellectually and Numbered Head Together Learning Models Against Students ’ Mathematical Problem Solving Capabilities. Jurnal Matematika, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.24042/djm.

Ridwan, M., & Sumanto, A. (2017). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan dan Kelentukan dengan Kemampuan Lompat Jauh. Jurnal Performa Olahraga, 2(1), 69–81. https://doi.org/10.24036/jpo67019. DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.6376

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199.

Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 57. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664

Satyawan, I. M., Kardiawan, I. K. H., & Kusuma, K. C. A. (2020). Studi Kelayakan Pembentukan Program Studi Pendidikan Jasmani Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PJ PGSD) Tahun 2019. Jurnal Ika, 18(1), 73–84. https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28385.

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513. DOI: https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Simanungkalit, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa - Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(1), 89. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635

Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD melalui pembelajaran Kids atletik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 72–80. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189

Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38900

Syarif, A. (2017). Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan rekaman visual. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.5733. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.5733

Tusyana, E., & Luciana, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pkn. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812

Zainuri, K. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Longu pada Siswa Kelas IV SDN 37 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2513. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2513

Diterbitkan

2022-08-26

Cara Mengutip

Abadi, I. B. G. S. ., Wiyasa, I. K. N. ., & Putra, D. K. N. S. . (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Setting lesson study dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Mahasiswa. Mimbar Ilmu, 27(2), 356–361. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.51742

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama