Instant Link-Based School Marketing Model Development (Instant App) To Improve Students

Penulis

  • Nur Wakhidah Nur Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Bambang Ismanto Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v28i2.61748

Kata Kunci:

School Marketing Development Model, Instant Link (Instan APP), Students

Abstrak

Dengan semakin banyaknya sekolah baru menyebabkan sekolah/ madrasah harus pandai-pandai dalam melakukan promosi agar madrasah bisa bertahan dalam persaingan didunia pendidikan. Berkembangnya teknologi madrasah dapat memanfaatkan untuk melaksanakan marketing secara online, dengan aplikasi instan link (instan app). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan kelemahan marketing yang dilaksanakan serta mengembangkan model marketing berbasis instan app.  Penelitian ini merupakan model Research and Development (R&D). Model pengembangan dan penelitian menggunakan pengembangan borg and gall samapi tahap Ketujuh. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner. Instrument pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa belum dilakukan marketing secara digital. Kelemahannya marketing masih dilakukan dari mulut ke mulut; belum ada tim marketing: marketing dilakukan sambil lalu. Hasil penelitian menunjukan hasil validasi materi sebesar 88,3 % dalam kategori sangat layak dan validasi ahli IT 88,7 % dalam kategori sangat layak. Telah diuji coba lapangan awal dengan persentase kesiapan 91,2% dan uji coba lapangan utama dengan kesiapan 95,02 %. Tingkat efektifitas prodak dalam kategori baik. Marketing berbasis instan app dan Panduan marketing berbasis instan app mempunyai keunggulan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Marketing ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah siswa.

Referensi

Andrew N. Mason, J. N. & K. M. (2021). Social media marketing gains importance after Covid-19. ogent Business & Management. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1870797. DOI: https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1870797

Ansar, N. R. (2019). Implementasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online di SMK Negeri 6 Makassar. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p65-72. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p65-72

Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e- commerce dalam menghadapi era digital 4 . 0 di indonesia Electronic word of mouth marketing strategy on e-commerce in facing the digital era. Inovasi, 17(1), 136–143. https://doi.org/10.29264/jinv.v17i1.8483.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research. An Introduction.

Butarbutar, V. M. D., & Ismanto, B. (2022). Evaluasi Pemasaran Jasa Pendidikan Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(3). https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.48792. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.48792

Damayanti, S. P., Khamidi, A., & Karwanto, K. (2021). Private Junior High School Marketing Management to Face the New Students Admission (PPDB) Policies of State Junior High School in Surabaya. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(1), 64. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i1.3389. DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i1.3389

Dewi, M. V. K., & Darma, G. S. (2019). The Role of Marketing & Competitive Intelligence In Industrial Revolution 4.0. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(1). https://doi.org/10.38043/jmb.v16i1.2014. DOI: https://doi.org/10.38043/jmb.v16i1.2014

Dwivedi, Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., & Jacobson, J. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 51. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Handayani, B., & Ismanto, B. (2020). Evaluasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Nonformal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. MSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p083. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p083

Harwani, Y., Suharjo, B., Nurmalina, R., & Supyaritno, G. (2018). Minat Pemilihan Perguruan Tinggi dan Peran Kelompok Referensi Serta Komunikasi Pemasaran Terintegrasi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 186–207. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i2.001. DOI: https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i2.001

Hu, Y., & Zhang, H. (2020). ICT in Education in China. In Lecture Notes in Educational Technology (bll 15–35). https://doi.org/10.1007/978-981-15-6157-3_2. DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-15-6157-3_2

Khusus, B., Di, A. B. K., & Jawa, P. (2015). Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 32(2), 124205. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i2.5057.

Kolter dan Armstrong. (2012). principles of Marketing. Prentice Hall.

Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p1-14. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p1-14

Mulyaputri, V. M., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli Merek Kopi Kenangan di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 91. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p91-101. DOI: https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p91-101

Munfaatin, M., & Wachid, A. (2022). Manajement Marketing Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2541–0849), 3. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6467.

Munir. (2018). Manajeman Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Peserta Didik. jurnal manajemen pendidikan islam, 1(2622–6162).

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Amelia, S. (2019). Creative Content Marketing In Scientific Publication Management In Industrial Era 4.0. Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(2), 168–178. https://doi.org/10.33050/atm.v3i2.991. DOI: https://doi.org/10.33050/atm.v3i2.991

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 1(4). https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540. DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540

Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2). https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637

Safitri, W. C. D. (2020). Pengembangan Media Board Game Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181–190. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8186

Sari, S. F. M., & Binahayati, B. M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 217–222. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14273. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14273

Sartika, D. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Simeulue Aceh Melalui Pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 3(2), 1–15. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.557. DOI: https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.557

Shankar, V., Grewal, D., Sunder, S., Fossen, B., & Peters, K. (2021). Digital marketing communication in global marketplaces: A review of extant research, future directions, and potential approaches. International Journal of Research in Marketing. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.005

Sharofoviya Olimov, S. (n.d.). Information Technology in Education. In Pioneer: Journal of Advanced Research and Scientific Progress. JARSP.

Sitanggang, H. B. N., & Dharmawan, A. (2016). Strategi Marketing Hary Tanoesoedibjo dalam Usaha Membangun Personal Branding Politik. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 20(1), 49–62. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v20i1.43. DOI: https://doi.org/10.46426/jp2kp.v20i1.43

Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen Marketing Jasa Pendidikan Di Era Digital. In Jurnal Manajemen Pendidikan (Vol 13, Number 1, bll 45–57). https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335. DOI: https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajeman (6th ed). Alfabeta.

Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Design of Digital Marketing Communication Strategy for the Hospitality Industry to Answer the Postmodern Era Challenges. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1), 51–64. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2067. DOI: https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2067

Tjiptono dan Diana. (2020). Pemasaran. Andi Offset.

Turmudi, M., & Fatayati, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Jasa Pendidikan. Indonesian Journal of humanities and social scienes, 2(1). https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1910. DOI: https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1910

Zakaria, N., Vouyouka, A., & Ruznan, W. S. (2022). Sustainable apparel technical and vocational education and training (TVET): integrating technology for skills training. Digital Manufacturing Technology for Sustainable Anthropometric Apparel. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-823969-8.00003-4. DOI: https://doi.org/10.1016/B978-0-12-823969-8.00003-4

Diterbitkan

2023-08-25

Cara Mengutip

Nur, N. W., & Bambang Ismanto. (2023). Instant Link-Based School Marketing Model Development (Instant App) To Improve Students. Mimbar Ilmu, 28(2), 350–358. https://doi.org/10.23887/mi.v28i2.61748

Terbitan

Bagian

Articles