Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Segi Banyak

Gofur Ahmad, Sary Ryky Mandar, Sulianto Joko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Negeri di Semarang pada materi segi banyak. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD N Tlogomulyo Semarang. Untuk memeroleh data, peneliti menggunakan instrument berupa tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1)Tingkat kemampuan penalaran matematis siswa tergolong sedang, (2)indikator penalaran matematis siswa yang paling dominan adalah memberikan contoh negatif.


Keywords


Analisis, Kemampuan Penalaran Matematis

References


Bambang & Rusdy. 2011. Meningkatkan Kemampuan penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstrukrivisme pada Siswa Menengah Atas. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, VOLUME 5. NO. 2

Depdiknas.2016.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24, Tahun 2016 tentang Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fathani, AH. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Hulu, P. 2009. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Mwenengah Pertama menggunakan Pendekatan Pembelajaranberbasis Masalah. Tesis pada SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Isnaeni, dkk.2018.Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar siswa SMP pada Materi persamaan Garis Lurus.Journal of Medives, Vl.2, No.1.

Jannah, Raodatul.2011.Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya.Yogyakarta: DIVA Press.

Rohana. 2015. The Enhancement of Student’s TeacherMathematical Reasoning Ability Throught Reflective Learning. Journal education & Practice vol 6 no. 20.2015

Sugiyono.2014.Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Sulianto,Joko. 2011.Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Open Ended dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan Masalah pada Materi Segitiga di kelas VII.Jurnal Vol.1, No.1.

Yanto Permana, Utari Sumarmo.2007.Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran berbasis Masalah.Educationist, Vol.1, No.2




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v4i2.35388

Article Metrics

Abstract view : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License
 
Thinking Skills and Creativity Journalis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.