Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Equivalent post test only control group design. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 40 orang siswa, 22 orang siswa kelas IV SD No 4 Sukasada sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 18 orang siswa kelas IV SD No 3 Ambengan sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar Matematika dilakukan dengan metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thit(2,111) > ttab(2,021), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan mind map berbantuan alat peraga tangga garis bilangan dan siswa yang belajar tanpa menggunakan mind map berbantuan alat peraga tangga garis bilangan pada kelas IV gugus IV Sukasada. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping berbantuan alat peraga tangga garis bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV Gugus IV Sukasada Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018References
Agung, A.A. Gede. 2010. Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Anggi P N., Rustono WS., & N. G. (2016). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Meneladani Patriotisme Pahlawan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PGSD, 3(1), 94–99. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/viewFile/5097/3554
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X
Budiartati. 2014. Problematika Pembelajaran Di SD. Yogyakarta: Depublish.
Buzan, Tony. 2005. The Ultimate Book Of Mind Maps. Jakarta: PT Gramedia.
Candiasa. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja. Unit Universitas Pendidikan Ganesha.
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Friezsya P C., Maman S., & R. M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogi, 5(1), 1–15. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11771/8389
Firmansyah. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015 ISSN 2338-2996
Hamzah, Ali, Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Japa, Ngurah,dan Suarjana Made. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Data Kuantitatif. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Komari, Noor. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang . Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember 2015
Latipah, Hani Wardah, Adman. 2018. Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi kuasi eksperimen pada kompetensi dasar mengidentifikasikan fasilitas dan lingkungan kantor kelas x program keahlian administrasi perkantoran di SMKN 3 Bandung). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 3 No. 1, Januari 2018, Hal. 274-287 Availabel online at: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Marhaeni. 2013. Landasan Dan Inovasi Pembelejaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Punaji, H. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Rostina, H. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tegeh, Made. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2007. Model – model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Silaban, R., & Napitupulu, M. A. (2012). Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer. Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/409/1/Ramlan Silaban.pdf
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Windura, Sutanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elax Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Yulia R., Helma., & M. (2012). Pengaruh Nilai Mind Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 70–74. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1225/917
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)