Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Komang Arsana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Made Suarjana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ni Wayan Arini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Equivalent post test only control group design. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 40 orang siswa, 22 orang siswa kelas IV SD No 4 Sukasada sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 18 orang siswa kelas IV SD No 3 Ambengan sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar Matematika dilakukan dengan metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thit(2,111) > ttab(2,021), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan mind map berbantuan alat peraga tangga garis bilangan dan siswa yang belajar tanpa  menggunakan mind map berbantuan alat peraga tangga garis bilangan pada kelas IV gugus IV Sukasada. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping berbantuan alat peraga tangga garis bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV Gugus IV Sukasada Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018

References

Agung, A.A. Gede. 2010. Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Anggi P N., Rustono WS., & N. G. (2016). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Meneladani Patriotisme Pahlawan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PGSD, 3(1), 94–99. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/viewFile/5097/3554

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X

Budiartati. 2014. Problematika Pembelajaran Di SD. Yogyakarta: Depublish.

Buzan, Tony. 2005. The Ultimate Book Of Mind Maps. Jakarta: PT Gramedia.

Candiasa. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEP. Singaraja. Unit Universitas Pendidikan Ganesha.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Friezsya P C., Maman S., & R. M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogi, 5(1), 1–15. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11771/8389

Firmansyah. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015 ISSN 2338-2996

Hamzah, Ali, Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Japa, Ngurah,dan Suarjana Made. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Data Kuantitatif. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Komari, Noor. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang . Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember 2015

Latipah, Hani Wardah, Adman. 2018. Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi kuasi eksperimen pada kompetensi dasar mengidentifikasikan fasilitas dan lingkungan kantor kelas x program keahlian administrasi perkantoran di SMKN 3 Bandung). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 3 No. 1, Januari 2018, Hal. 274-287 Availabel online at: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Marhaeni. 2013. Landasan Dan Inovasi Pembelejaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Punaji, H. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Rostina, H. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tegeh, Made. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. 2007. Model – model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Silaban, R., & Napitupulu, M. A. (2012). Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer. Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/409/1/Ramlan Silaban.pdf

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Windura, Sutanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elax Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Yulia R., Helma., & M. (2012). Pengaruh Nilai Mind Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 70–74. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/viewFile/1225/917

Downloads

Published

2019-07-16

How to Cite

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511

Issue

Section

Article