Pengaruh Model Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • I Kadek Adhi Dharma Putra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ni Wayan Arini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Komang Sudarma Jurusan TP, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Self Regulated Learning terhadap hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Self Regulated Learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Non Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus X Kabupaten Buleleng, yang berjumlah 163 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu kelompok siswa kelas V di SDN 2 Kaliuntu yang terpilih sebagai kelompok eksperimen dan SDN 3 Kaliuntu sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui metode tes, yaitu tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t polled varians. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Self Regulated Learning dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil pengujian diperoleh (thitung = 8,76 > ttabel  = 1,86) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Self Regulated Learning menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

References

Aftina, N H., Freida N R H dan Jati A. Regulasi Diri Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Psikologi Undip. 13 (1) : 50-63. Tersedia pada https:/eprints.undip.ac.id/51616/1/.Regulasi_diri_mawapres_Vol_13_No_1_Apr_2014.pdf. Diakses pada 27 Mei 2018

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Desertasi Aplikasi ITEMA dan BIGSTEP. Singaraja Press,

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.

Doni, I N., Agung A.A., dan Antari, N N M. Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Sikap Spiritual dan Hasil Belajar PKn. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1) : 1-10. Tersedia Pada https://www.google.com/searchqpengaruh.model.self.regulatd_learning&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox. Diakses pada 6 Februari 2018.

Dwicky.P.N. Dw.Md., A.A.Gede Agung, Ni.Ngh.Madri.A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2014/2015 di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Hal. 1-11. Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5664/4122.

Juniayanti, Dewi, Gede Sedanayasa, I Gede Margunayasa. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Media Lingkungan terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Hal.1-9. Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6956.

Koyan, I W. 2011. Asessmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Koyan, I W. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitaif. Undiksha Press.

Riastini, N.P. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Undiksha Press.

Santyasa, I W. 2012. Seri Buku Ajar Perguruan TinggiPembelajaran Inovatif. :SingarajaUndiksha Press.

Santyasa, I W. 2014. Model Self Regulated Learning. Singaraja: Undiksha Press.

Santyasa, I W. 2017. Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Kencana

Prenada media Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003:2-3) Jakarta.Presiden Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dann Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Wulandari, L. P. E., Suarjana I.M., & Riastini, P. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Berbantuan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2): 1-9. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11027. Diakses pada tanggal 30 Desember 2017.

Woofolk. 2008. Educational Psychology. Active Learning Edition Tenth Edition. Boston:Ally & Bacon.

Downloads

How to Cite

Putra, I. K. A. D., Arini, N. W., & Sudarma, I. K. (2019). Pengaruh Model Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(3), 258–266. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19406

Issue

Section

Article