Analisis Rekonstruksi Sikap Sosial Siswa Tuna Rungu
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22559Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah (1) sikap sosial yang dimiliki siswa tuna rungu, (2) deskripsi efektivitas rekonstruksi sikap sosial melalui pendekatan sainstifik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tuna rungu dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Bengkala Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Metode yang digunakan adalah pemberian kuesioner dan wawancara guru dengan teknik analisis deskriptif kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) deskripsi sikap sosial yang dimiliki siswa kelas IV SD Negeri 2 Bengkala secara umum memiliki rata-rata (87,21) termasuk dalam kategori tinggi. Namun hasil rata-rata indikator pada aspek sikap gotong royong (7,5) termasuk dalam kategori rendah, sikap disiplin (7,14) termasuk dalam kategori rendah, sikap sopan (7,43) termasuk dalam kategori rendah, dan sikap percaya diri (6, 5) termasuk pada kategori sangat rendah. (2) deskripsi efektivitas rekonstruksi sikap sosial siswa kelas IV SD melalui pendekatan saintifik hanya diterapkan pada indikator sikap sosial yang berada dibawah kategori tinggi. Hasil secara umum rata-rata (41,64) berada pada kategori sangat tinggi, hasil rata-rata dari setiap indikator yang direkonstruksi yaitu gotong royong (8,56) berada pada kategori tinggi, disiplin (11) berada pada kategori sangat tinggi, sopan (10,4) berada pada kategori sangat tinggi, dan percaya diri (10,7) berada pada kategori sangat tinggi. Demikian deskripsi pendekatan saintifik dalam merekonstruksi sikap sosial dikatakan efektif karena hasil perhitungan rata-rata mengalami kenaikan.
Kata Kunci: sikap sosial, rekonsruksi, tuna rungu.
References
Adnyana, Nyoman Agus Tri, dkk. 2016. Analisis Rekonstruksi Sikap Sosial Siswa Kelas IV Dan V Sd Gugus Xiii Kecamatan Buleleng. Jurusan PGSD FIP. Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016. Singaraja: Undiksha.
Agung, A. A. Gede. 2005.Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP.
Agung, A. A. Gede. 2012. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Pers.
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwi, hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT. Balai Pustaka
Candiasa, I. M. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbit Universitas Pendidikan Ganesha.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Gava Media.
Gusviani, Evi. 2016. Analisis Kemunculan Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Kegiatan Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd Yang Menggunakan Ktsp Dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar p-ISSN 2085-1243 Vol. 8. No.1 Januari 2016. Universitas Pendidikan Indonesia.
Gustini. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Sikap Siswa Pada Pola Hidup Bersih dan Sehat.Tersedia pada http:// http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1260/1/98906-GUSTINI-FITK.pdf di akses pada 15 Februari 2019.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Cetakan ke-1. Jakarta: Kencana Pranada Group.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis data Kuantitatif. Undiksha: Singaraja.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, Imasdan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Cetakan ke-1. Surabaya: Kata Pena.
Muhibin, Syah. 2005. Psikologi Belajar. Cetakan ke-4. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pemerintahan Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Pratiwi, Jamilah Candra. 2015. Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Surakarta, 21 November 2015 ISBN: 978-979-3456-52-2. Tersedia pada http://SKRIPSI/172228-ID-sekolah-inklusi-untuk-anak-berkebutuhan.pdf diakses pada 15 Januari 2019.
Rahim, Abdul. 2016. Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Dalam Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3, Nomor 1, September 2016. Tersedia pada http://SKRIPSI/259113-pendidikan-inklusif-sebagai-strategi-dal-869d07aa.pdf diakses pada 15 Januari 2019.
Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf dan Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.
Suwandi, Sarwiji. 2008. Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkas
Walgoto, Bimo. 2003. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Offs.
Yuliana, Rissa. 2016. Pola Kuesioner. Tersedia pada http://guidancecounsellingbivoketang.blogspot.com/2012/01/macam-macamangket.html diakses pada 15 Januari 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)