Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Lingkungan terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Kompetensi IPA

Authors

  • Ni Wayan Wiwik Saptiani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24332

Keywords:

TPS, sikap peduli lingkungan, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan secara simultan sikap peduli lingkungan dan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan sikap peduli lingkungan antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji manova. Hasil penelitian menujukkan (1) terdapat perbedaan secara simultan sikap peduli lingkungan dan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat perbedaan kompetensi IPA antara kelompok model pembelajaran TPS berbasis lingkungan dan kelompok model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,013 < 0,05.

References

Agung, A. A. G. 2017. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Alfahmi, A. M. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar.” E-journal PGSD, Volume 02 Nomor 02, (hlm. 1-11). Tersedia pada http://media.neliti.com/media/publications/251751-none-912733e1.pdf (diakses tanggal 3 januari 2019).

Astawan, I G dan Rati N W. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Dan Teknik Merangkum Terhadap Penalaran Mahasiswa.” E-journal PGSD Undiksha, Volume 3 (hlm 1-9). Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/85726-none-ce3fd1f6.pdf (diakses tanggal 06 juni 2019).

Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Candiasa, I M. 2010b. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Deruyter, S. B. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng”. E-journal PGSD Undiksha. Vol 1. Tersedia pada http://journal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/viewFile/841/714 (diakses tanggal 3 januari 2014).

Febrianti, R. 2017. “Implementasi Kedisiplinan Dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 111/1 Mutiara Bulian.” Artikel Ilmiah, (hlm. 1-37). Tersedia pada http://repository.unja.ac.id/1531/1/A1D112076-ARTIKEL.pdf (diakses tanggal 3 januari 2019).

Handayani, N P. I. 2017. “Pengatuh Model Pembelajaran TPS Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi IPA.” E-JOURNAL pgsd Undiksha, Volume 5, (hlm 1-10). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10633/6759 (diakses tanggal 3 januari 2019).

Kurniasih, Imas dan Berlin S. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.

Santyasa, I W. 2005a. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Suherman. 2014. “Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani.” Mimbar PGSD, Volume 1. Tersedia pada http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/viewFile/866/601 (diakses tanggal 03 januari 2019).

Sumantri, M.S. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, A. 2009. Cooperatif Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryaningsih, N K. E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Penguasaan Kompetensi IPA Siswa Kelas IV SD.” E-journal PGSD Undiksha, Volume 5, (hlm 1-13). Tersedia pada http:// C:/Users/user/Downloads/37-10784-1-SM%20(2).pdf (diakses tanggal 03 januari 2019).

Suwatra, Ign. W., Sudarma, I K, dan Tegeh, I M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha.

Wati, D. A. 2017. “Upaya Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan”. Artikel Ilmiah (hlm 1-14). Tersedia pada http://repository.umo.ac.id/3740/3/BAB%20II.pdf (diakses tanggal 3 januari 2019).

Downloads

Published

2020-04-08

How to Cite

Saptiani, N. W. W., & Astawan, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Lingkungan terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Kompetensi IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 44–53. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24332

Issue

Section

Artikel