PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11439Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif (NHT) dalam pembelajaran IPS kelas IV SD No.1 Beratan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 1 Beratan sebanyak 10 orang siswa, yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes dianalisis dengan metode deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD No. 1 Beratan. Persentase rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,00 dan pada siklus II menjadi 84,50 yang termasuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan dari 5 orang siswa menjadi 9 orang siswa dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD No. 1 Beratan.
Referensi
Agung, A. A. Gede. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Singaraja.
Agung, Iskandar. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru Pedoman Acuan Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran pada Peserta Didik. Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.
Arikunto, Suharsimi. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.
------, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asy’ari, dkk. (2007). Ilmu Pengetahuan Sosial SD Untuk Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Dzaki, Muhammad Faiq. (2009). Ciri Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia pada http://penelitian tindakankelas.bspot.com/2009/03/ciri-model-pembelajaran-kooperatif.html (diakses tanggal 9 Maret 2010).
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Harminingsih. (2008). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Tersedia pada http://harminingsih.blogspot.com/2008/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html (diakses pada tanggal 19 Pebruari 2011).
Hisnu P, Tantya dan Winardi. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial SD Untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ibrahim, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya: University Press.
Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mahardiyasa, Putu. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD No. 3 Banjar Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Muhammad. (2010). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Tersedia pada http://portal2.lpmpkalsel.org /index.php?option=com_content&view=article&id=6:pipssd&catid=8:catipop&Itemid=7 (diakses pada tanggal 13 Oktober 2010).
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawar, Indra. (2009). Hasil-Hasil yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Tersedia pada http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/faktor-faktor-yang mempengaruhi-hasil.html (diakses pada tanggal 19 Pebruari 2011).
Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Nurkancana dan Sumartana. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Prayitno, Baskoro Adi. (2010). Potensi Pembelajaran Kooperatif dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa Under Achievment. Tersedia http://baskoro1.blogspot.com/2010/08/potensi-pembelajaran-kooperatif-dalam.html (diakses pada tanggal 19 Pebruari 2011).
Riyanto, Yatim. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
------. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, I.S dan Amalia, Shendy. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Surapranata, Sumarna. (2004). Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhhibin. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Lamdasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Umar, Arsyad, dkk. (2004). Pengetahuan Sosial Terpadu Jilid 4 Untuk Kelas 4. Jakarta: Erlangga.
Wena, Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yasa, Doantara. (2008). Metode Pembelajaran Kooperatif. Tersedia pada http://ipotes.wordpress.com/2008/05/10/metode-pembelajaran-kooperatif/ (diakses tanggal 22 Januari 2011).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)