Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang

Penulis

  • Dhea Ayu Maharani Maharani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Intan Rahmawati 123Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sukamto Sukamto 123Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran Team Quiz dan media teka teki silang. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelass IV SDN Tambakrejo 02 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk rata-rata nilai tes sebelum diberi perlakuan menggunakan strategi Team Quiz dan media teka teki silang adalah 54,87 dengan 3 siswa dinyatakan tuntas dan 29 siswa dinyatakan tidak tuntas. Setelah diberi perlakuan dengan strategi Team Quiz dan media teka teki silang nilai rata-rata posttest adalah 83,19 dengan jumlah siswa 32 dinyatakan tuntas sedangkan hasil nilai aktivitas siswa pertemuan I nilai rata-rata 50,625 dan meningkat di pertemuan III dengan rata-rata 77,812. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz dan media teka teki silang.

Referensi

Daryanto. 2013. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Julianti, Rika Warda, Maskun dan Muhammad Basri. 2015. Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Pembelajaran Sejarah Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah (PESAGI) Vol. 3 No. 6 Hal. 1-12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/10433/pdf_144. Diakses 4 Juni 2019.

Kusumawardani, Cintya. 2017. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 10 Bandar Lampung”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kadir dan Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Naniek Kusumawati. 2017. Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya dan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Ronowijayan Ponorogo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol. 1 No. 2 Hal. 26-36. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD. Diakses 4 Juni 2019.

Permatasari, Putri Ayu. 2016. “Kemampuan Guru Sekolah Dasar DalamMengadakan Variasi Pada PembelajaranTematik Di Gugus Imam Bonjol KecamatanPurwodadi Kabupaten Grobogan”. https://lib.unnes.ac.id/24194/1/1401412044.pdf. Skripsi. Diakses 7 Oktober 2018.

Rantika dan Faisal Abdulah. 2015. Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyahnurul Iman Pengabuan Kabupaten Pali. Jurnal Ilmiah PGMI Vol. 1 No. 1. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/522. Diakses 4 Juni 2019.

Rusman. 2016. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Royani, M dan Muslim, Bukhari. 2014. “Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sitio, Satriana. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 Hal 64-75. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/165/161. Diakses 4 Juni 2019.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wulandari, Yessi, Agus Wahyuni, dan Elisa. 2017. Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika Vol. 2 No.2 Hal. 202-206. https://media.neliti.com/media/publications/187750-ID-none.pdf. Diakses 4 Juni 2019.

Diterbitkan

2019-07-16

Cara Mengutip

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522

Terbitan

Bagian

Article