Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran Team Quiz dan media teka teki silang. Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelass IV SDN Tambakrejo 02 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk rata-rata nilai tes sebelum diberi perlakuan menggunakan strategi Team Quiz dan media teka teki silang adalah 54,87 dengan 3 siswa dinyatakan tuntas dan 29 siswa dinyatakan tidak tuntas. Setelah diberi perlakuan dengan strategi Team Quiz dan media teka teki silang nilai rata-rata posttest adalah 83,19 dengan jumlah siswa 32 dinyatakan tuntas sedangkan hasil nilai aktivitas siswa pertemuan I nilai rata-rata 50,625 dan meningkat di pertemuan III dengan rata-rata 77,812. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz dan media teka teki silang.
Referensi
Daryanto. 2013. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.
Julianti, Rika Warda, Maskun dan Muhammad Basri. 2015. Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Pembelajaran Sejarah Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah (PESAGI) Vol. 3 No. 6 Hal. 1-12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/10433/pdf_144. Diakses 4 Juni 2019.
Kusumawardani, Cintya. 2017. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 10 Bandar Lampung”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kadir dan Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Naniek Kusumawati. 2017. Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya dan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Ronowijayan Ponorogo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol. 1 No. 2 Hal. 26-36. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD. Diakses 4 Juni 2019.
Permatasari, Putri Ayu. 2016. “Kemampuan Guru Sekolah Dasar DalamMengadakan Variasi Pada PembelajaranTematik Di Gugus Imam Bonjol KecamatanPurwodadi Kabupaten Grobogan”. https://lib.unnes.ac.id/24194/1/1401412044.pdf. Skripsi. Diakses 7 Oktober 2018.
Rantika dan Faisal Abdulah. 2015. Penggunaan Media Teka Teki Silang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyahnurul Iman Pengabuan Kabupaten Pali. Jurnal Ilmiah PGMI Vol. 1 No. 1. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/522. Diakses 4 Juni 2019.
Rusman. 2016. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Royani, M dan Muslim, Bukhari. 2014. “Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sitio, Satriana. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 Hal 64-75. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/165/161. Diakses 4 Juni 2019.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wulandari, Yessi, Agus Wahyuni, dan Elisa. 2017. Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika Vol. 2 No.2 Hal. 202-206. https://media.neliti.com/media/publications/187750-ID-none.pdf. Diakses 4 Juni 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)