Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN 01 Doplang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan jenis One Grup Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 01 Doplang 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 30 siswa dengan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dengan Ltabel=1,701 diperoleh normalitas akhir dengan L0=0,0056 Karena Lo < Ltabel maka hasil H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhitungan uji t hasil belajar thitung lebih besar dari ttabel (12,751 > 1,701) maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan nilai hasil belajar lebih baik antara sebelum (pretest) dan sesudah (post-test) yang menggunakan model STAD. Jadi model STAD efektif terhadap hasil belajar Matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN 01 Doplang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajarn STAD dengan baik agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar.Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bhoke, Wilibaldus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada-Flores.http://ejournal.stkip.ac.id (di unduh 7 Maret 2019).
Hastut, Eka Fitri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpendapat. Jurnal Pesona Vol. 3. No. 2 Hal. 133-143. Tersedia Pada: https://doi.org/10.26638/jp.443.2080.
Juraini, Muhammad Taufik, I Wayan Gunada. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume II No 2 Hal. 80-85. Tersedia Pada : http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/293/0.
Karso. 2012. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kadang, ST. Aminah, Jonner Nainggolan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Gelomang Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 5 No. 1 Hal. 43-54. Tersedia Pada: https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI/article/view/236/208.
Laa, Neli, Hendri Winata, Rini Intansari Meilani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2 No. 2 Hal. 139-148. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.
Marsih, Wahyudi, Warsiti. 2009. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. http://jurnal.fkip.uns.ac.id (di unduh 8 Maret 2019).
Mudjiono dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nikmah, Erlita Hidaya, Achmad Fatchan, Yuswanti Ariani Wirahayu. 2016. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Geografi Vol. 3 No. 3 Hal. 1-17. Tersedia Pada : http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/index.
Robert. E Slavin. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wardana, Ika, Tinggi Banggali, Halimah Husain. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica Vol. 18 No. 1 Hal. 76 – 84. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4678.
Widyastuti, Tri Indah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Siswa untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi. Jurnal Pendidikan Inssan Mandiri Vol. 1 No. 1 Hal. 1-15. Tersedia Pada: https://jurnal.uns.ac.id/jpim/article/view/16294/13230.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)