PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17333Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA sebelum dan setelah mengontrol motivasi berprestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah peneltian kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 163 siswa dan sampel diambil dengan teknik random sampling. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t sampel independent dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA sebelum mengontrol motivasi berprestasi siswa (thitung = 6,583 dan signifikansi 0,000 < 0,05) dan setelah mengontrol motivasi berprestasi siswa (Fhitung = 76,791 dan signifikansi 0,000 < 0,05). Dari rata-rata hitung, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol (22,47 > 16,00). Jadi model pembelajaran kolaboratif ditinjau dari motivasi berprestasi siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran kolaboratif, motivasi berprestasi.
References
Barkley, Elizabert., dkk. 2014. Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Terjemahan Narulita Yusron. Collaborative Learning Techniques. 2005. Bandung: Nusamedia.
Deporter, dkk. 2010. Mempraktikann Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Dewi, Mia Rossmalisa., dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Edukasi UNEJ, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 29-33).
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Firmansyah, Helmy. 2009. “Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani”. Jurnal Pendidikan, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 30-33).
Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Marhamah, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, Volume 2, Nomor 3 (hlm. 277-282).
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Office for Professional Development. 2006. Bloom’s Taxonomy “Revised” Key Word, Model Question, and Intructional Strategies. USA: Indiana University. Tersedia pada www.center.iupui.edu/ctl/idd/does/ Bloomrevised.doc. (diakses tanggal 18 Januari 2017).
Primadiati, Ika Dewi dan Djukri. 2017. “Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kleas IV SD”. Jurnal Prima Edukasia, Volume 5, Nomor 1, ISSN 2460-9927 (hlm 47-57).
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Santoso, Singgih. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri, Jawa Tengah”. Berkala Fisika Indonesia. Volume 5 Nomor 1 (hlm. 15-19).
Saputra, Henry Januar., dkk. 2017. “Keefektifan Pembelajaran IPA Menggunakan Model Complette Sentence Berbantuan Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Ngelowetan Kabupaten Demak”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar,Volume 1, Nomor 3 (hlm. 171-178).
Sato, Manabu. 2014. Mereformasi Sekolah Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Tokyo: Iwanami Shoten Publishers.
Sofyan. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suarni, Ni Ketut. 2004. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Umum di Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates. Disertasi Yogyakarta. PPS UGM Yogyakarta.
Sudarman. 2008. “Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian”. Jurnal Pendidikan Inovatif , Volume 3, Nomor 2 (hlm. 94-100).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaefudin, Udin. 2009. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wahida, Miftahur. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Kaliuntu Tahun Pelajaran 2015/2016”. Mimbar PGSD Unniversitas Pendidikan Ganesha. Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-11).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)