ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17334Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drum band dilaksanakan setiap hari Sabtu. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler drum band berjumlah 23 siswa. Nilai-nilai karakter yang diteliti diantaranya, sikap disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa sikap siswa sudah sesuai dengan nilai-nilai karakter. Saran yang dapat disampaikan peneliti untuk sekolah telah menjalankan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran ekstrakurikuler drum band SD Al Huda Semarang, hendaknya keadaan seperti ini dipertahankan bahkan ditingkatkan.
Kata kunci : nilai karakter, pembelajaran ekstrakurikuler drum band
References
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai-Karakter Kontruktivisme dan VCT sebagai inovasi Pendeketan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Y., Setyosari, P. and Ulfa, S., 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sandi Morse Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Bagi Siswa Kelas V. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, pp.115-122.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Bungin, M. Burhan. 2015. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.
Creswell W. John. 2010. Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dharma, dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Sodakarya.
Hastuti, T.A., 2008. Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol. 5, Nomor 1.
Haryanggita, Achmadhan Katon. 2015. “Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedunggalar Ngawi”. Terdapat pada jurnal Pendidikan Sendratasik Vol. 3.
Herdiansyah, Haris. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Kurniawan, Eka Yulyawan. “Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband di Sekolah dasar NegeriMekarsari II Kabupaten tanggerang”. Jurnal Pendidikan dan kajian Seni 3.2 (2018).
Mangesthi, Veronika Priella. 2016. “Analisis Nilai-nilai Karakter pada Film Kartun Curious George”. Skripsi Universitas PGRI Semarang.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, N.E. and Eminita, V., 2018, July. PENGARUH EKSTRAKURIKULER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 1, No. 1.
Sanjaya, Y., Habsary, D. and Kurniawan, A., 2019. Evaluasi Pembelajaran Tari Muli Siger Menggunakan Anates pada Ekstrakurikuler di SMA Al Huda Lampung Selatan. Jurnal Seni dan Pembelajaran, Volume 7, Nomor 7.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmawati, D., 2015. Penerapan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Studi Pada Siswa Ekstrakurikuler Smp Santa Maria Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Volume 3, Nomor 2.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suryawan, I.G., 2019. PEMBELAJARAN EKSTRAKULIKULER SENI LUKIS KACA DI SMP NEGERI 3 SUKASADA. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, Volume 10, Nomor 2, pp.146-157.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Widayati, D.W., 2018. MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DAN KAITANNYA DENGAN PENANAMAN NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA BANGSA. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, Volume 4, Nomor 2.
Yaumi, Muhammad. 2014.Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, danImplementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)