META-ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17335Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan berupa meta analisis dengan cara menganalisis data-data tentang pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini di awali dengan merumuskan topik penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal online dan skripsi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar mulai dari yang terendah 3.93% sampai yang tertinggi 98.76% dengan rata-rata 27.009%.
Kata Kunci: Meta analisis, hasil belajar, media animasi.
References
Fitriana, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Mi Raudlatul Ulum Ngijo Karangploso Malang . Skripsi. etheses.uin-malang.ac.id/7724/1/10140111.pdf
Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP PRESS Universitas Mataram.
Hambali. (2015). Pemanfaatan Media Film Kartun Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan. Lentera, Vol. 15, No. 15. jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR1/article/view/641
Hayati, I. m. (2018). Pemanfaatan Media Animasi Flash Untuk Meningktakna Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Ipa Di Sdn Lebo Sidoarjo. Elementary School. Vol. 05, N0. 01. https://media.neliti.com/media/publications/ BIBLIOGRAPHY m Nur14 l 1033 Hidayatunnisa, N. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Animasi Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Swasta Nasional Al Beringan. Skripsi. digilib.unimed.ac.id/7584/
Istianah, L. r. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd N Se-Gugus Sukodono Sisoarjo . JPGSD, Vol. 06, No. 4. HYPERLINK "http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/1489" jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/1489
Jannah, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Materi Pokok Pesawat Sederhana Di Mi Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Skripsi. eprints.walisongo.ac.id/7642/
Munawaroh, L. (2015). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Pada Konsep Sistem Peredaran Manusia. Skripsi. repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/.../LAILA%20MUNAWAROH-%20FITK.pdf
Munandar, H., Sutrio, S. and Taufik, M., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume 4, Nomor 1, pp.111-120.
Prastowo, A. D. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Media Pembelajaran Animasi Adobe Flash Pada Siswa Kelas Iv Sd N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar. . Skripsi. eprints.ums.ac.id/19915/1/halaman_depan.pdf
Samawi, N. w. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Slow Learner. P3LB. Vol. 01, N0. 2. HYPERLINK "http://journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/5278" journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/5278
Santoso, R., Darmadi I. W., dan Darsikin. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Komputer terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 4 (1): 39-40.
Subekti, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kontruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Edukasi Siswa Kelas IV Min 5 Bandar Lampung.Skripsi. HYPERLINK "http://repository.radenintan.ac.id/3882/1/Skripsi%20Full%20J.pdf" repository.radenintan.ac.id/3882/1/Skripsi%20Full%20J.pdf
Sulistiyowati, T. and Kristanto, A., 2018. Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Singowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)