META-ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Siti Khomaidah, Nyoto Harjono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan berupa meta analisis dengan cara menganalisis data-data tentang pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini di awali dengan merumuskan topik penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal online dan skripsi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar mulai dari yang terendah 3.93% sampai yang tertinggi 98.76% dengan rata-rata 27.009%.

 

Kata Kunci: Meta analisis, hasil belajar, media animasi.


Full Text:

PDF

References


Fitriana, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Mi Raudlatul Ulum Ngijo Karangploso Malang . Skripsi. etheses.uin-malang.ac.id/7724/1/10140111.pdf

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP PRESS Universitas Mataram.

Hambali. (2015). Pemanfaatan Media Film Kartun Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan. Lentera, Vol. 15, No. 15. jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR1/article/view/641

Hayati, I. m. (2018). Pemanfaatan Media Animasi Flash Untuk Meningktakna Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Ipa Di Sdn Lebo Sidoarjo. Elementary School. Vol. 05, N0. 01. https://media.neliti.com/media/publications/ BIBLIOGRAPHY m Nur14 l 1033 Hidayatunnisa, N. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Animasi Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Swasta Nasional Al Beringan. Skripsi. digilib.unimed.ac.id/7584/

Istianah, L. r. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd N Se-Gugus Sukodono Sisoarjo . JPGSD, Vol. 06, No. 4. HYPERLINK "http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/1489" jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/issue/view/1489

Jannah, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Materi Pokok Pesawat Sederhana Di Mi Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Skripsi. eprints.walisongo.ac.id/7642/

Munawaroh, L. (2015). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Pada Konsep Sistem Peredaran Manusia. Skripsi. repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/.../LAILA%20MUNAWAROH-%20FITK.pdf

Munandar, H., Sutrio, S. and Taufik, M., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume 4, Nomor 1, pp.111-120.

Prastowo, A. D. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Media Pembelajaran Animasi Adobe Flash Pada Siswa Kelas Iv Sd N 03 Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar. . Skripsi. eprints.ums.ac.id/19915/1/halaman_depan.pdf

Samawi, N. w. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Slow Learner. P3LB. Vol. 01, N0. 2. HYPERLINK "http://journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/5278" journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/5278

Santoso, R., Darmadi I. W., dan Darsikin. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Komputer terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 4 (1): 39-40.

Subekti, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kontruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Edukasi Siswa Kelas IV Min 5 Bandar Lampung.Skripsi. HYPERLINK "http://repository.radenintan.ac.id/3882/1/Skripsi%20Full%20J.pdf" repository.radenintan.ac.id/3882/1/Skripsi%20Full%20J.pdf

Sulistiyowati, T. and Kristanto, A., 2018. Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Singowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17335

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17335.g10414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Educational Research and Review

Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

 Crossref


Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.