ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS KURIKULUM 2013 SABIUL ULUM MAYONGLOR KABUPATEN JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17625Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan penilaian kognitif berbasis Kurikulum 2013 di kelas V MI Sabilul Ulum Mayonglor Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini melibatkan informan penelitian dan data lain berupa dokumen-dokumen seperti LKS (Lembar Kerja Siswa) serta data yang berbentuk softfile yang meliputi nilai (UH) ulangan harian, dan ulangan akhir melalui scrennshote ARD (Aplikasi Raport Digital). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang di jelaskan dalam tiga tahapan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh temuan bahwa pelaksanaan penilaian kognitif berbasis Kurikulum 2013 di kelas V MI Sabilul Ulum Mayonglor menunjukkan bahwa penilaian kognitif di MI Sabiul Ulum Mayonglor telah dilaksanakan pada semua mata pelajaran yang tergabung dalam pembelajaran tematik seperti PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Hasil penilaian menunjukkan bahwa 1 dari 6 pelaksanaan penilaian kognitif yang termasuk kedalam kriteria pelaksanaan penilaian kategori Cukup baik disemua mata pelajaran yaitu Nilai Akhir (NA) dengan pemerolehan skor 2.2. Hal ini berarti 19% pelaksanaan penilaian pada Nilai Akhir (NA) sudah melaksanakan penilaian kognitif sesuai dengan Standar Penilaian Kurikulum 2013.
Kata Kunci: Pelaksanaan Penilaian, Penilaian Kognitif, Kurikulum 2013
References
Aiman, Ummu. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013; (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Madrasah Vol. 1 No. 1 Hal. 115-122. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/. Diakses 23 Mei 2019.
Astriyandi, Ari, Umi Chotimah, dan Emil El Faisal. 2016. Kemampuan Guru Menerapkan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran PPKn (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Indralaya). Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Vol. 3, No. 2 Hal. 187-198. Diakses 22 Mei 2019.
Djamarah, Bahri dan Aswan Zain. 2006.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta.
Kustijono, Rudy, Elok Wiwin HM. 2014. Pandangan Guru terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol. 4 No. 1 Hal 1-14. https://journal.unesa.ac.id/index.php/. Diakses 23 Mei 2019.
Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah http://ditpsmp.kemdikbud.g. Diakses pada tanggal 21 Februari 2019.
Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar 2015 https://akhmadsudrajat.files. wordpress.com/2015/12/panduan-penilaian-untuk-sekolah-dasar-sd.pdf. Diakses pada tanggal 4 April 2019.
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Proses.
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol. 20 No. 2 Hal. 166-178. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep. Diakses 23 Mei 2019.
Sugiyono. 2015. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, cv.
Sutama, Gilang Ary Sandy, dan Djalal Fuadi. 2017. Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika dI SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 12 No. 1 Hal. 105-114. http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/2967. Diakses 23 Mei 2019.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)