PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PETA KONSEP
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17626Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran saintifik berbasis peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 (tiga) siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X AP SMK Negeri 4 Bangli tahun pelajaran 2017/2018 semester 1. Data penelitian ini berupa data hasil belajar Pendidikan Agama Hindu yang dikumpulkan melalui tes tertulis. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif yaitu data dilakukan perhitungan kuantitatif dan dideskripsikan untuk memperoleh gambaran hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran saintifik berbasis peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas X AP SMK Negeri 4 Bangli tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan rerata nilai hasil belajar dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 11,54 poin, dari prasiklus ke siklus II meningkat sebesar 15,77 poin, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,23 poin.
Kata Kunci : Model pendekatan saintifik, peta konsep, hasil belajar Pendidikan Agama Hindu.
References
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Fatmawati Linda dkk. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Konvensional Dengan Pendekatan Saintifik pada Kompetensi Dasar Fungsi Manajemen Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar.2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Maba, Wayan. 2002. Evaluasi Pembelajaran. Makalah yang disampaikan dalam penataran PBM Dosen Kopertis Wilayah VIII, Tanggal 27-30 Oktober 2002.
Nur, Mohamad et al. 2001. Teori Belajar. Surabaya: University Press.
Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Cetakan keduapuluhlimaPenerbit: PT Remaja Rosdakarya.Bandung
Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cetakan kelimabelas.Penerbit: PT Remaja Rosdakarya.Bandung
Slavin, Robert E. 1995.Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Sufairoh. 2016. Pendekatan saintifik & model pembelajaran k-13. Jurnal pendidikan profesional, volume 5, no. 3, desember 2016.
Suyadi. 2010. Pemaduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.
Soemanto, Wasty. 2001. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar-Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Perpustakan Nasional Katalog dalam Terbitan. Penerbit: Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.
Wina Sanjaya, H. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
___________. 2014. Kurikulum 2013 : Langkah-langkah Pendekatan Saintifik. http://blog.undiksha.ac.id/partha-sindu/kurikulum-2013-langkah-langkah-pendekatan-saintifik/
___________. 2015. Implementasi Pembelajaran Saintifik 5M. 02 September 2015 16:41:17 Diperbarui: 02 September 2015 16:42:04. http://www.kompasiana.com/ m_yunus/implementasi-pembelajaran-saintifik-5m_55e6c43d9297737a14185a74
____________. Pengertian/Definisi Pendekatan Saintifik, Prinsip Pembelajaran Dan Langkah-Langkah Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013.
______.2014. Pendekatan Saintifik Model Kurikulum 2013. http://www.blogwahyu.com/2014/06/pendekatan-saintifik-model-kurikulum.html#sthash.zLSq7qXP.dpuf
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)