NILAI MORAL FILM ANIMASI BIG HERO 6 PRODUKSI WALT DISNEY TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17627Abstract
Karakter seorang anak dibentuk tidak lepas dengan adanya nilai-nilai moral. Apabila proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak disertai atau tidak diimbangi dengan penanaman nilai moral tentunya akan berpengaruh terhadap karakternya misalnya sikap kepeduliannya. Dalam membentuk moral anak dapat dilakukan sejak usia dini yaitu dengan memberi tayangan yang mendidik pada anak. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimanakah nilai moral film animasi Big Hero 6 terhadap sikap kepedulian siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan nilai moral film animasi Big Hero 6 terhadap sikap kepedulian siswa sekolah dasar . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kebonsawahan 02 tahun 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 34 siswa kelas III. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh postif nilai moral film animasi Big Hero 6 untuk siswa kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah dideskripsikan, terdapat banyak sikap kepedulian yang tertanam dalam film animasi Big Hero 6. Nilai moral yang terdapat dalam film animasi Big Hero 6 dapat digunakan sebagai contoh teladan dan penanaman sikap kepedulian pada siswa hal ini terbukti dari hasil wawancara, observasi dan hasil analisis angket yang digunakan. Sikap kepedulian tergambar dalam percakapan serta tindakan yang dilakukan oleh para tokoh cerita didalamnya. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam fil animasi Big Hero 6 yaitu tolong menolong, kerja sama, rasa hormat, kebijaksanaan, pemberani, rendah hati, dan pantang menyerah.
Kata Kunci : Nilai Moral, Peduli, Film Animasi Big Hero 6.
References
Al-Anwari, Amirul Mukminin.2014.Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri.Jurnal Pendidikan Islam.Vol. XIX, No.02.Jambi: IAIN Sulthan Thahah Saifuddin Jambi.http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/16Diakses pada tanggal 10 Maret 2019
Badarudin. 2018. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.
Bioskopkeren.xyz.BIG HERO 6-(2014) http://bioskopkeren.xyz/big-hero-6/ Diunduh pada tanggal 25 Oktober 2018
Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif. Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press
Gusti, A, dkk. (2015). Determinan Intensi Perilaku Pengelolaan Sampah Berkelanjutan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat
Ghony, Djunaidi & fauzan almanshur.2017.Metodologi Penelitian Kualitatif.Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA
Mahardi, Dedi.2013.The Power Of Care.Jakarta:Percetakan PT Gramedia
Masrukhan, Ahsan. 2016. Pelaksanaan Karakter Peduli Sosial Di SD Negeri Kotagede Yogyakarta. Jurnal Kependidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 29 Tahun Ke-5. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/4855. Diakses pada tanggal 12 Maret 2018.
Pramana, K. A. B., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran PQ4R Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Pendidikan Dasar . Volume 4 Tahun 2014.
Sugihartono, Ranang Agung dkk.2010.Animasi Kartun. Kembangan-Jakarta Barat:PT INDEKS Permata Puri Media
Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta
Untari, Mei Fita Asri.2016.” Kajian Nilai Moral Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin
Edisi “IKHLAS DARI HATI” Produksi Les’ Copaque”.Jurnal Kependidikan.v olume 6 Nomor 1, 1-9.Semarang:PGSD Universitas PGRI Semarang.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)