ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Khodijah Habibatul Izzah, Mira Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika di kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta untuk pengumpulan data kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan soal tes. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Pembelajaran matematika termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87,5%, data klasifikasi penalaran matematika didapatkan persentase sebesar 22,5 % pada aspek memahami pengertian, 50% pada aspek berpikir logis, 15% pada aspek memahami contoh negatif, 17,5% untuk aspek berpikir deduksi, 17,5% untuk aspek berpikir sistematis, 30% pada aspek berpikir konsisten, 12,5% pada aspek menarik kesimpulan, 22,5% pada aspek menentukan strategi, dan hasil terendah sebesar 10% untuk aspek berpikir membuat alasan, serta persentase tertinggi 52,5 % pada aspek penalaran menentukan metode. Secara keseluruhan didapatkan hasil persentase sebesar 25% dengan kategori rendah.

                                                                                       

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Agustin, Ririn Dwi. 2016. Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833 Vol. 5 No. 2 Hal. 179-183. https://www.researchgate.net/publication/. Diakses 23 Mei 2019.

Amir, Almira. 2014. Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurbal LOGARITMA (Vol: II, No: 1).

Anwar, Zul. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (JPIP) Vol. 5 No. 2 Hal. 24-32. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/issue/view/672. Diakses 23 Mei 2019.

Ario, Marfi. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol. 5 No. 2 Hal. 125-134. https://media.neliti.com/media/publications/. Diakses 23 Mei 2019.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Depdiknas.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Gelar Dwirahayu, dan Nursida. 2016. Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 MI. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No.2 Hal. 117-138. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/. Diakses 23 Mei 2019.

Hidayati, Anisatul, dkk. 2015. Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di Sma Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara (Vol:1 No:2).

Novianti, Fenti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Sate Bilangan” Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas I Sekolah Dasar. FKIP Universitas Jambi. http://repository.unja.ac.id/. Diakses 23 Mei 2019.

Sugiyono. 2010. Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sulianto, Joko, dkk. 2013. Implementasi Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Penalaran Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN Karangayu 02 Semarang. Jurnal MALIH PEDDAS (Vol: 3 No: 2).

Sulianto, Joko, dkk. 2018. Penerapan Metode Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas 3 SD. Jurnal Sekolah (Vol:2 No: 2).

Sulianto, Joko. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan Open Ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Jurnal MALIH PEDDAS (Vol: 1 No. 1)

Winarti, Sri. 2015. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Serupa Pisa pada Siswa Kelas VIII. Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/. Diakses 23 Mei 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629.g10576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Educational Research and Review

Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

 Crossref


Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.