PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA TEBAK KATA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Komang Novita Widyantari, Made Putra, I Wayan Wiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran course review horay berbantuan media tebak kata terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 533 orang. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diambil menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung= 3,775 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 85 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung =  3,775> ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran course review horay berbantuan media tebak kata adalah 81,14, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 74,23. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran course review horay berbantuan media tebak kata terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, ini disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan khususnya sebagai penunjang bagi peneliti dengan kajian yang lebih luas dan memperdalam teori mengenai model pembelajaran course review horay berbantuan media tebak kata.

 

Kata Kunci : Model Course Review Horay, Media Tebak Kata, Kompetensi Pengetahuan IPA


Full Text:

PDF

References


Faradita, Meirza Nanda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2b Hal. 185-192. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1404. Diakses 27 Mei 2019.

Hernawan, Asep Herry. dkk. 2014. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013; Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kurniati, Atik Dwi. 2016. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Ekuivalen - Pendidikan Matematika Vol. 19 No. 2 Hal. 87-92. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ . Diakses 27 Mei 2019.

Novpridey, Betrin Jayu, Djunaidah Zen, dan Siti Huzaifah. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi Vol. 1 No. 2 Hal. 103-114. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/view/4705. Diakses 27 Mei 2019.

Payani, Ni Md. Dwi, Kt. Pudjawan, dan Md. Suarjana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sangsit. Mimbar PGSD Undiksha Vol. 1 No. 1 Hal. 1-10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ . Diakses 27 Mei 2019.

Poerwati, Loeloek Endah dan Amri, Sofan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Prameswari, Kd Krisna. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Lingkungan Sekolah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, Nomor 2. Tersedia pada ejournal.ac.id (diakses tanggal 29 November 2017).

Sari Utami, Desy Komyang. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Benda Kongkrit Terhadap Hasil Belajar IPA. Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.Tersedia pada ejournal.ac.id (diakses tanggal 29 November 2017).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susilowati, Ika. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Versus Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas III SDN Pojok 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 10 Hal. 1-7. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/. Diakses 27 Mei 2019.

Taniredja, Tukiran. dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17630

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17630.g10577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Educational Research and Review

Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Indonesian Journal of Educational Research and Review indexed by:

 Crossref


Creative Commons License
Indonesian Journal of Educational Research and Review is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.