PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17631Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing-prompting berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di gugus V Kecamatan Bangli Tahun Ajaran 2018.Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen),denganrancangan nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Kayubihi dan SDN 1 Landih. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Probing-prompting berbantuan media video dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (5,051) > ttabel (2,002). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (18,00) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol(13,00). Dengan demikian, model pembelajaran Probing-prompting berbantuan media videoberpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Maka model pembelajaran probing-prompting dapat diterapkan sebagai salah satu model yang inovatif dalam pembelajaran IPA di SD.
Kata Kunci : probing-prompting,video,hasil belajar
References
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Pubishing.
Amir Nurrizkia. 2017. Pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap peningkatan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran ipa. Edutcehnologia, Tahun 3, Vol 3 No. 2, Agustus 2017
Ariasih, Sunu, dkk. 2014. “Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VIII A Semester 2 SMP Negeri 1 Pekutatan Tahun Pelajaran 2013/2014”. Tersedia pada http://id.portalgaruda. org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=304659 (diakses pada tanggal 17 Pebruari 2018).
Beniasih, Suarjana, dkk. 2015. "PengaruhModel Pembelajaran Core Berbantuan Media". Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/5678. (diakses tanggal 04-01-2018).
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti Elsa. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI.IPA Man 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol. 2 No. 1 Tahun 2017.
Swarjawa, I. W. E., & Garminah, N. N. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sebatu". Tersedia pada https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/825. (diakses tanggal 04-01-2018).
Tinio, V. L. 2003. ICT In Education. Tersedia pada http://www.apdip.net/publication/iespprimerst/ICTinEducation.pdf. (diakses tanggal 5 Juni 2018).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)