PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CRH BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17633Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media question card dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen), dengan rancangan non equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III SD Gugus I Rinjani Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana yang berjumlah 114 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III SDN 2 Gilimanuk berjumlah 24 siswa dan kelas III SDN 4 Gilimanuk berjumlah 20 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media question card dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Gugus I Rinjani Kecamatan Melaya Kabupaten jembrana. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (7,725) > ttabel (2,021). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (19,08) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (12,9). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media question card berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Gugus I Rinjani Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : CRH, question card, IPA
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Belina Septiara. 2018. Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. FKIP Universitas Lampung.
Handayani, Ni Putu. Ida, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah jelantik Tahun Ajaran 2016/2017”. e-Journal Mimbar PGSD Undiksha. Volume 5, Nomor 2.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Cetakan Ke-1. Kata Pena.
Rini. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbasis Pendekatan Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi. Bioedukasi Vol.XV No.1 April 2017
Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Somatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Cetakan Pertama. Jakarta Barat: Indeks.
Sugandi, Eko dan Sri Rahayu. 2012. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas X Akutansi 1 SMK Negeri 1 Surabaya Tahun Ajaran 2011/2012”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Aplikasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 05 Mei 2012.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Cetakan Ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wisnu, A. A. Gede Agung, dkk. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 2 Banjar Bali Tahun Ajaran 2015/2016”. e-Journal PGSD Undiksha. Volume 4, Nomor 1.
Wisudawati, Widi Asih dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)