Media Video Pembelajaran Berbasis PowToon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • I Komang Pradika Utama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50925

Kata Kunci:

Media, Video, Powtoon, IPA

Abstrak

Kegiatan belajar guru mendominasi menggunakan metode ceramah daripada penggunaan media. Selain itu belum mampu mengembangkan media berbasis digital untuk pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu guru dan siswa yang berjumlah 15. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Instrument pengumpulkan data menggunakan rating scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli materi pembelajaran mendapatkan skor 4,6 (sangat valid), ahli media pembelajaran yaitu 4,6 (sangat valid), dan ahli desain pembelajaran yaitu 4 ,6 (sangat valid). Dari perolehan seluruh skor para ahli maka mengidikasikan bahwa video pembelajaran berbasis PowToon pada topik sifat-sifat cahaya siswa kelas IV sekolah dasar sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari guru yaitu 98% (sangat baik) dan 94% (sangat baik). Disimpulkan video berbasis Powtoon valid dan praktis sehingga layak digunakan.

Referensi

Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 7(2). https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538.

Anif, S., Sutopo, A., & Prayitno, H. J. (2020). Lesson study validation: Model for social and natural sciences teacher development in the implementation of national curriculum in Muhammadiyah schools, Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 8(1), 253–259. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080132.

Anjarsari, E., Donny, D. F., & Abdul, W. A. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789.

Astra, I. M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Module Using Creative Problem-Solving Model Equipped with Hots Problems on The Kinetic Theory of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.21009/1.06205.

Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2018). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484.

Awalia, I., Pamungkas, & Alamsyah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Bijani, M., Rostami, K., Momennasab, M., & Yektatalab, S. (2018). Evaluating the Effectiveness of a Continuing Education Program for Prevention of Occupational Exposure to Needle Stick Injuries in Nursing Staff Based on Kirkpatrick’s Model. Journal of the National Medical Association, 110(5). https://doi.org/10.1016/j.jnma.2017.11.002.

Campbell, C., Pollock, K., Briscoe, P., Carr-Harris, S., & Tuters, S. (2017). Developing a knowledge network for applied education research to mobilise evidence in and for educational practice. Educational Research, 59(2), 209–227. https://doi.org/10.1080/00131881.2017.1310364.

Dames, I., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 1 Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.59.

Dewi, N. P. R. S., Ganing, N. N., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara. MIimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10623.

Dinayusadewi, N. P., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Development Of Augmented Reality Application As A Mathematics Learning Media In Elementary School Geometry Materials. Journal of Education Technology, 4(2), 204–210. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25372.

Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994.

Fauziah, A. S. N., Friatin, L. Y., & Surahmat, A. (2021). Teaching media “powtoon” to assist students’ writing narrative text. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 1(4), 416–422. https://doi.org/10.52690/jadila.v1i4.154.

Fernández-Gutiérrez, M., Gimenez, G., & Calero, J. (2020). Is the use of ICT in education leading to higher student outcomes? Analysis from the Spanish Autonomous Communities. Computers and Education, 157, 103969. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103969.

Gabriele, K. M., Holthaus, R. M., & Boulet, J. R. (2016). Usefulness of Video-Assisted Peer Mentor Feedback in Undergraduate Nursing Education. Clinical Simulation in Nursing, 12(8), 337–345. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.03.004.

Handayani, H., Yetri, & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. JURNAL TATSQIF: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(2), 186–203. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.160.

Hendriawan, M. A., & Muhammad, G. S. (2018). Pengembangan Jimath sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. MaPan: Jurnal Matematika Da, 6(1), 274–288. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a12.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.

Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying natural science in elementary school using nos-oriented cooperative learning model with the NHT type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863.

Johnson, A., Nelson, J. M., Tomaso, C. C., James, T., & Espy, K. A. (2021). Preschool executive control predicts social information processing in early elementary school. Journal of Applied Developmental Psychology, 71. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101195.

Kamid, Sabil, H., Syafmen, W., & Triani, E. (2021). A Study of Problem Based Learning and Mathematics Process Skills in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 359–368. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37157.

Lestari, N. dwi, Hermawan, R., & Heryanto, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 33–43. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i3.20748.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2017). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Sistem Penilaian Pada Kurikulum 2013. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 153–164. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p153-164.

Megawati, & Utami. (2020). English Learning with Powtoon Animation Video. Journal of Education Technology, 4(2), 110. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25096.

Melda, F., Hilda Putri, D., & Hamka Air Tawar Barat, J. (2021). Development of microbiology learning animation videos for biology students at padang state university. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT, 26(1), 46–53. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v26.1.2938.

Mertasari, P. S., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 10, 288–298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.

Nasution, L., Situmorang, B., & Rahman, A. (2021). Influence of School Supervisor of Academic Supervision to the Professionalism of Teachers in States of Elementary Schools District of Medan Amplas. In 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021). Atlantis Press, 435–439. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211110.120.

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169.

Ningsi, A. P., Purwaningsih, S., & Darmaji, D. (2021). Pengembangan penuntun Praktikum Ekektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu dan Kalor untuk SMP/MTs. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 242–251. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V5I1.1159.

Novita, L., & Novianty, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 46. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127.

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875.

Palavan, O., Cicek, V., & Atabay, M. (2016). Perspectives of Elementary School Teachers on Outdoor Education. Universal Journal of Educational Research, 4(8), 1885–1893. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040819.

Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752.

Ridha, Bambang, & Siska. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29.

S.H. Wijaya, I.M. Tegeh, & I.K.Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644.

Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3951014.

Sanjaya, G. E. W., Yudiana, K., & Japa, I. G. N. (2021). Learning video media based on the powtoon application on solar system learning topics. International Journal of Elementary Education, 5(2), 208. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34547.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Suarmika, P. E., & Faliyandra, F. (2016). Model Kooperatif GI Berbasis Outdoor Study Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 20–24. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.261.

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.

Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468.

Taimur, S., & Sattar, H. (2018). Education for Sustainable Development and Critical Thinking Competency. Springer Nature Switzerland AG, September, 1–11. https://doi.org/10.1007/978-3-319-69902-8_64-1.

Toma, R. B., Greca, I. M., & Orozco Gómez, M. L. (2019). Attitudes towards science and views of nature of science among elementary school sToma, R. B., Greca, I. M., & Orozco Gómez, M. L. (2019). Attitudes towards science and views of nature of science among elementary school students in terms of gender, cultur. Research in Science and Technological Education, 37(4), 492–515. https://doi.org/10.1080/02635143.2018.1561433.

Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112.

Winarni, E. W. (2020). Analysis of Language and Scientific Literacy Skills for 4th Grade Elementary School Students through Discovery Learning and ICT Media. International Journal of Instruction, 13(2), 213–222. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13215a.

Wulandari, P., Abadi, I. B. G. S., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. Mimbar PGSD, 6, 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.15772.

Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.

Yasa, I. N., Sriasih, S. A. P., & Larasati, P. (2021). Penggunaan PowToon dalam Pembelajaran Teks Persuasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Seririt. Jurnal IKA : Ikatan Alumnus PGSD UNARS, 19(2). https://doi.org/10.23887/ika.v19i2.35591.

Yuliani, H. (2017). Pembelajaran Fisika menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-MX dan Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.596.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Utama, I. K. P. ., Renda , N. T. ., & Jayanta, I. N. L. . (2024). Media Video Pembelajaran Berbasis PowToon pada Topik Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 76–88. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50925

Terbitan

Bagian

Articles