Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Nama dan Lambang Bilangan bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Ketut Sri Purniawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74472

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Interaktif, Kontekstual, Matematika

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif, pendekatan kontekstual yang minim, dan keterbatasan guru dalam mengembangkan teknologi menyebabkan penurunan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual materi nama dan lambang bilangan pada muatan matematika di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu menunjukkan bahwa multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 95,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain intruksional sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 89,61% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung = 9,963 yang kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf 5% dengan dk = (n1 – 1) = (25 – 1) = 24 diperoleh ttabel = 1,711 , hasil menunjukan bahwa thitung = 9,963 > ttabel = 1,711 , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual materi nama dan lambang bilangan layak dan efektif diterapkan pada muatan matematika di sekolah dasar.

References

Ahdhianto, E., Marsigit, Haryanto, & Nurfauzi, Y. (2020). Improving Fifth-Grade Students’ Mathematical Problem-solving and Critical Thinking Skills Using Problem-Based Learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2012–2021. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080539.

Al Habsyih, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 3 Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Sholat di SDN Pesanggrahan 01 Kota batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2106–2129.

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.

Ansori, A. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 353–362. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.353-362.

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621.

Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., & Setiawan, R. (2017). Indonesian PISA Result: What Factors and What Should be Fixed? The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 69–79.

http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1212.

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615.

Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079.

Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180.

https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1).

https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21.

Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094.

Cohen, J., Wong, V., Krishnamachari, A., & Berlin, R. (2020). Teacher coaching in a simulated environment. Educational Evaluation and Policy Analysis, 42(2), 208–231. https://doi.org/10.3102/0162373720906217.

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641.

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24628.

Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 1, 175–190. Jurnal Borneo Edisi Khusus Halaman 175-190-dikonversi.pdf?sequence=1 https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/23677/2.

Farapatana, E., Anwar, Y. S., & Abdillah, A. (2019). Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.755.

Hanum, R. A., Mirawati, I., Karimah, K. E., & Hanum, R. A. (2023). Mengembangkan Pesan Whatsapp tentang Edukasi Mindful Parenting dengan Prinsip Cognitive Theory of Multimedia Learning. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(01), 75. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/2230.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587.

Hayati, R., Kartika, Y., & Wahyuni, R. (2023). Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyrakat Mandiri), 7(5), 1–10.

https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17107.

Lestari, N. M. D. D., & Agustika, G. N. S. (2021). Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model CORE Materi Bangun Ruang Bola untuk Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Instruction, 1(2), 48–63. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.31383.

Mayasari, E., & Maita. (2022). Pengaruh Pemberdayaan Dan Iklim Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Se-Kecamatan Nibung Hangus. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5391.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Muna, Z., Artharina, F. P., & Azizah, M. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Materi Penjumlahan Kelas I Berbantu Media Papintung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1617–1628.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1738.

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 12–22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/19972.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. DidNurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.Actical Mathematics, 1(2), 41–50.

https://doi.org/https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle Dengan Pendekatan Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1112–1122.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3132.

Prasetya, B. (2020). Manajemen Teaching Factory Pada Era Industri 4 . 0 di Indonesia. Jurnal Bisnis & Teknologi, 12(01), 12–18.

http://45.118.112.109/ojspasim/index.php/jbt/article/view/195.

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.

Rohmah, F. N., Susilaningsih, E., Haryani, S., Kasmui, D., Kimia, J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Kompetensi, A., & Asam-Basa, L. (2022). Desain Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Bermuatan High Order Thinking Skills untuk Menganalisis Kompetensi Minimum Siswa Materi Asam-Basa. Chemined, 11(2), 117–125. https://doi.org/10.15294/chemined.v11i2.58847.

Sa’diah, L. S., & Nahdi, D. S. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual untuk Membantu Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.277.

Safarati, N., & Zuhra, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jemas, 2(1), 33–37.

http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/424.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1163.

Siregar, S., & Yahfizham, Y. (2023). Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli Masyarakat Pesisir di Sibolga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1877–1889. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2251.

Suantiani, N. M. A., & Wiarta, I. W. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 64–71. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45455.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 88–100.

https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066.

Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589.

Wibawa, I. G. S., Budhawati, N. P. S., Zaenab, S., & Oka, A. A. G. (2019). Teknologi Informatika Dengan Pendekatan Kontekstual. Zifatama Jawara.

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376.

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Purniawati, N. K. S. ., & Agustika, G. N. S. . (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Nama dan Lambang Bilangan bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 263–273. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74472

Issue

Section

Articles