Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Nama dan Lambang Bilangan bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Ketut Sri Purniawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74472

Kata Kunci:

Pengembangan, Multimedia Interaktif, Kontekstual, Matematika

Abstrak

Kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif, pendekatan kontekstual yang minim, dan keterbatasan guru dalam mengembangkan teknologi menyebabkan penurunan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual materi nama dan lambang bilangan pada muatan matematika di sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu menunjukkan bahwa multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 95,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain intruksional sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 89,61% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung = 9,963 yang kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf 5% dengan dk = (n1 – 1) = (25 – 1) = 24 diperoleh ttabel = 1,711 , hasil menunjukan bahwa thitung = 9,963 > ttabel = 1,711 , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual materi nama dan lambang bilangan layak dan efektif diterapkan pada muatan matematika di sekolah dasar.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Purniawati, N. K. S. ., Wiarta, I. W. ., & Agustika, G. N. S. . (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Nama dan Lambang Bilangan bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74472

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama