Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.44520Keywords:
multimedia interaktif, matematika, pengembangan, kontekstualAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan belum dikembangkannya media pembelajaran multimedia interaktif berbasis kontekstual pada pelajaran matematika. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis kontekstual pada pembelajaran matematika untuk mengetahui kualitas multimedia interaktif berbasis kontekstual pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE. Terdapat lima tahapan pengembangan pada model ADDIE. Tahapan–tahapan tersebut meliputi tahap analisis (analysis), tahap perancanagn (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek 3 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis kontekstual layak digunakan untuk proses pembelajaran matematika kelas IV SD khususnya materi bangun datar. Implikasi dari penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis kontekstual mampu membuat pembelajaran semakin menarik, memberikan motivasi, membantu siswa belajar secara mandiri, dan dapat berpengaruh baik bagi kegiatan pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Made Ayu Gitta Shintya Devi, I Wayan Wiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)