Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan E-LKPD HOTS terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Komang Novi Wardani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74827

Keywords:

Strategi pembelajaran Metakognitif, E-LKPD HOTS, kemampuan berpikir logis matematika

Abstract

Pembelajaran matematika yang monoton menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut jelas berpengaruh pada minat belajar siswa sehingga berdampak pada kemampuan berpikir siswa yang berimbas pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi Pembelajaran Metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 254 orang yang terdiri dari 10 kelas dan 9 Sekolah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan komposisi sampel berjumlah yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok Eksperimen dan 25 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Tes uraian yang berjumlah 5 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil yang didapatkan yaitu thitung = 116,7 dan ttabel = 2.01. Kriteria pengujian menunjukkan thitung (116,7) > ttabel (2,01) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Buleleng.  Dengan dilaksanakan penelitian ini, maka hasilnya dapat digunakan sebagai acuan baik oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan sebagai sumber informasi bagi peneliti lainnya.

References

Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakna Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54346.

Andriana, E., Fauzany, P. S. D., & Alamsyah, T. P. (2022). 21st Century Multimedia Innovation: Development of E-LKPD Based On Scientific Inquiry in Science Class. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(4), 731–736. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.242.

Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawang-Malang Pada Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 1–12.

https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1053.

Arlina Aminarty Sitinjak, Nancy Angelia Purba, C. L. S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8834.

Asmawati, A., Risnawati, R., & Muhandaz, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 273. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7813.

Divrik, R., Pilten, P., & Taş, A. M. (2020). Effect of inquiry-based learning method supported by metacognitive strategies on fourth-grade students’ problem-solving and problem-posing skills: A mixed methods research. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(2), 287–308. https://doi.org/10.26822/iejee.2021.191.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penndidikan Dasar, 1(9), 1–11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/JPD.91.01.

Fatimah, A. S., & Santiana, S. (2017). Teaching in 21St Century: Students-Teachers’ Perceptions of Technology Use in the Classroom. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 2(2), 125. https://doi.org/10.24903/sj.v2i2.132.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54.

Indriyana, B. S., & Kuswandono, P. (2019). Developing Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Reading: English Teachers’ Strategies in Selected Junior High Schools. JET (Journal of English Teaching), 5(3), 204.

https://doi.org/10.33541/jet.v5i3.1313.

Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454.

Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143–151.

https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p143-151.

Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontrisbusi Model Simulasi TIK Logis Dalam Pembelaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 88. https://pdfs.semanticscholar.org/b224/900f2f6467b54fb44b3c9d6bea144655654c.pdf.

Lyon, A. R., Coifman, J., Cook, H., McRee, E., Liu, F. F., Ludwig, K., & McCauley, E. (2021). The Cognitive Walkthrough for Implementation Strategies (CWIS): a pragmatic method for assessing implementation strategy usability. Implementation Science Communications, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s43058-021-00183-0.

Mitsea, E., & Drigas, A. (2019). A journey into the metacognitive learning strategies. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(14). https://doi.org/10.3991/IJOE.V15I14.11379.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Yang Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 224–232. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3162.

Niak, Y., Mataheru, W., & Ngilawayan, D. A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dan Model Pembelajaran Konvensional. Journal of Honai Math, 1(2), 67. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1040.

Nugrahani, P. S., & Asri Hardini, A. T. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 21. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33584.

Nurhayati, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matematika Materi Luas Bangun Melalui Model Kooperatif STAD Kelas IV SDN Demangan 1. 3, 8896–8906. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1326.

Poppyariyana, A. A., & Munajat, A. (2020). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5779.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 4–14. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817.

Purwitaningrum, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178.

Rahimah, W., Zaini, M., & Halang, B. (2020). Work Sheet Development of High School Students Biology Based on Critical Thinking Skills on the Motion Systems Concept. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 100.

https://doi.org/10.20527/bino.v2i2.8474.

Rogers, J., & Revesz, A. (2019). Experimental and Quasi-Experimental. ResearchGate, 133–143. https://www.floppybunny.org/robin/web/virtualclassroom/chap16/s1/sembk2.pdf.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.

https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3296.

Sari, E.N and Susilowibowo, J. (2022). The Development of HOTS-Based E-LKPD in Accounting Practicum Subjects for Grade XI Semester 2. Educative: Journal of Education, 4(3), 4469–4483. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2709.

Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing learners’ tematik-integrative worksheet based on character education for primary school students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613.

Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).

https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494.

Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.39.

Sunardi, H., Sartika, D., & Saluza, I. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Kolaborasi Pembelajaran Konvensional Dan Pembelajaran Virtual. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(2), 94–98. https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.822.

Supriatna, A. R. (2013). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Active Learning In High Education (ALIHE) Pada Mata Kuliah Pendidikan IPA SD Di Jurusan PGSD FIP UNJ. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(1), 15–21.

https://doi.org/10.21009/PIP.271.3.

Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Tematik. Mimbar Ilmu, 26(3), 381. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138.

Vartiainen, H., Pöllänen, S., & Liljeström, A. (2016). Designing Connected Learning: Emerging learning systems in a craft teacher education course. Design And, 21(2), 32–40. https://ojs.lboro.ac.uk/DATE/article/download/2115/2281.

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. . (2019). Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2).

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19384.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113.

http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Wardani, N. K. N. ., & Jampel, I. N. . (2024). Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan E-LKPD HOTS terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 274–285. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74827

Issue

Section

Articles