Digital Modul Berpendekatan Project Based Learning Muatan IPAS Materi Indonesia Kaya Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85035Keywords:
E-Modul, Konvensional, Project Based Learning, IPASAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat telah mendorong tergantinya teknologi cetak dengan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Terbatasnya penggunaan bahan ajar pada satuan pendidikan membuat guru masih cenderung menggunakan bahan ajar konvensional hanya terbatas pada buku teks namun minat baca siswa sudah tinggi, hal ini menuntut adanya pengembangan baru dalam memfasilitasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul dengan pendekatan Project Based Learning pada materi Indonesia Kaya Budaya pada mata pelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang telah teruji desain, kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerapkan model ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul dengan pendekatan project-based learning dinyatakan layak berdasarkan hasil telaah oleh ahli isi pembelajaran, ahli media, ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan thitung sebesar 14,976 untuk db = 60 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 2,003 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul dengan pendekatan Project Based Learning layak dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.
References
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 608–617.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202.
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.
Alrwele, D. N. S. (2017). Effects of Infographics on Student Achievement and Students’ Perceptions of the Impacts of Infographics. Journal of Education and Human Development, 6(3), 104–117. https://doi.org/10.15640/jehd.v6n3a12.
Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. Inventa, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104.
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2).
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/518.
Aprilliyah. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akuntansi di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Khusus, 2(2), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/9412.
Artiniasih, N. K. S., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Proyek Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edutech, 7(1), 54–65.
https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008.
Astuti, N., Efendi, U., Riswandi, & Haya, F. F. (2022). The Impact of Project Based Learning Model on Creative Thinking Ability of Forth Grade Students. International Journal of Elementary Education, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.48881
Bariah, S. H., Imania, K. A. N., Afriandari, S., Purwanti, Y., & Nasrullah, I. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis H5P Moodle Pada Mata Pelajaran Multimedia Kelas XII Di SMKN 10 Garut. Petik, 9(1), 53–62. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/1272.
Berselli, G., Bilancia, P., & Luzi, L. (2020). Project-based learning of advanced CAD/CAE tools in engineering education. International Journal on Interactive Design and Manufacturing (IJIDeM), 14(3), 1071–1083. https://doi.org/10.1007/s12008-020-00687-4.
Castillo-Cuesta, L. (2022). Using Genially Games for Enhancing EFL Reading and Writing Skills in Online Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(1), 340–354. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.1.19.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277.
Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8 280.
Fanani, A., Rosidah, C. T., Juniarso, T., Roys, G. A., Putri, E. S., & Vannilia, V. (2022). Bahan Ajar Digital Berbasis Multiaplikasi Mata Pelajaran IPAS SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1175–118. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1175-118.
Febry Maryani Yatu, Yunus Tjandi, Jumadi M Parenreng, Alimuddin Sa’ban Miru, & Haripuddin. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Subnetting IPV4 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Information Technology Education Journal, 1(1), 93–99. https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.220.
Fitriyani, Sholeh Hidayat, I. R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Pada Materi Siklus Air Di Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(2), 116–124. https://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/26153.
Fox, W., & Bayat, M. S. (2007). A Guide to Managing Research. Juta Publications.
Halimatus, T. (2022). Pengembangan Modul IPS Tema Keragaman Budaya Bangsaku Berbasis Pendekatan Sosial. Education Journal : Journal Education Research and Development, Vol. 6 No., h.75.
https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/647.
Hartawan, I. N. B., Dirgayusari, A. M., Ni Wayan Suardiati Putri, & Lopez, F. T. M. D. (2024). Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 262–271. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.352.
Herzegovina, L., Laurensia M. Perangin Angin, Simbolon, N., Sitohang, R., & Mailani, E. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023. Journal of Student Developement Information System (JoSDIS), 3 Nomor 2, 189–198.
https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIS/article/view/4710.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482.
Kartika Fajar Pratiwi, Joko Sulianto, & Sumarno. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1282–1294. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1718.
Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak. Edukasi : Jurnal Pendidikan, 14(3), 277–288. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.360.
Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Review: Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 145–156.
https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio/article/view/676.
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146.
https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914.
Mahasneh, A. M., & Alwan, A. F. (2018). The Effect of Project-Based Learning on Student Teacher Self-efficacy and Achievement. International Journal of Instruction, 11(3), 511–524. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11335a.
Marzuki, M., & Basaria, B. (2017). Influence of Problem-Based Learning and Project Citizen Model in The Civic Education Learning on Student’s Critical Thinking Ability and Self Discipline. Educational Horizon, 36(3), 382–400 10 21831 36 3 14675.
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model pengembangan ADDIE di kelas XI SMA N 3 Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19657.
Nardo, J. E., Chapman, N. C., Shi, E. Y., Wieman, C., & Salehi, S. (2022). Perspectives on Active Learning: Challenges for Equitable Active Learning Implementation. Journal of Chemical Education, 99(4), 1691–1699.
https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c01233.
Nisrina, S. H., Rokhmawati, R. I., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning ( PjBL ) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(08), 82–90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451.
Novaliendry, D. (2013). Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), 106–118.
https://www.researchgate.net/profile/dony-novaliendry/publication/321193593.
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183.
Okpatrioka, O. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jdan/article/view/154.
Pratiwi, K. I. A., Margunayasa, I. G., & Trisna, G. A. P. S. (2023). Project-Based Learning Interactive Multimedia with Orientation of Environmental Problems Assisted by Articulate Storyline 3 for Grade V Elementary Schools. Journal of Education Technology, 7(2), 332–342. https://doi.org/10.23887/jet.v7i2.59615.
Qamariah, N., & Windiyani, T. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Pecahan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1274–1283. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.765.
Ratnawulan, T., Wahyu, A., Suprayoga, H., Sukarna, H. R., & Yoseptry, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik di SMAN 14 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(2), 475–492. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i2.1172.
Rusman. (2022). Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 78–84.
https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/jmp/article/view/13629.
Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Perantau Di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 96. https://doi.org/10.24854/jpu12017-82.
Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul dinamika partikel terintegrasi permainan tradisional berbasis e-learning untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 292–299.
http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2639.
Simanjuntak, S. F. (2019). Development of Interactive Multimedia Towards Economic Problems on Economic Subjects for Social Science Class X Students At Darma Yudha High School. International Journal of Educational Best Practices, 3(2), 64. https://doi.org/10.31258/ijebp.v3n2.p64-74.
Strømme, T. A., & Mork, S. M. (2021). Students’ conceptual sense-making of animations and static visualizations of protein synthesis: a sociocultural hypothesis explaining why animations may be beneficial for student learning. Research in Science Education, 51(4), 1013–1038. https://doi.org/10.1007/s11165-020-09920-2.
Suebsing, S., & Nuangchalerm, P. (2021). Understanding and satisfaction towards stem education of primary school teachers through professional development program. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 171–177.
https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.25369.
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7.
https://www.researchgate.net/profile/Dewi-Rachmatin-2/publication/341786748.
Sumarni, S. (2019). Model Penelitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (Mantap). Riset & Pengembangan, 38.
Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 504–514.
https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644.
Triantoro, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 13–22.
https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1962.
Udayani, N. K. R. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2022). Development Of E-Comic Learning Media On The Topic Of The Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732.
Vriyanti, R., Wijaya, I., & Menrisal. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). EPISTEMA, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.65556.
Wahyudi, E. C., Hadi Wijoyo, S., & Afirianto, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Model Pengembangan APPED pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis untuk Siswa Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Pasuruan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(9), 4500–4507. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11611.
Widyastuti, E. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. In Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012052. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052.
Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8527.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dezan Pratama Ginting, I Nyoman Jampel, Alexander Hamonangan Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)