Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan E-LKPD HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Komang Novi Wardani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74827

Kata Kunci:

Strategi pembelajaran Metakognitif, E-LKPD HOTS, kemampuan berpikir logis matematika

Abstrak

Pembelajaran matematika yang monoton menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut jelas berpengaruh pada minat belajar siswa sehingga berdampak pada kemampuan berpikir siswa yang berimbas pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi Pembelajaran Metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 254 orang yang terdiri dari 10 kelas dan 9 Sekolah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan komposisi sampel berjumlah yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok Eksperimen dan 25 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Tes uraian yang berjumlah 5 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil yang didapatkan yaitu thitung = 116,7 dan ttabel = 2.01. Kriteria pengujian menunjukkan thitung (116,7) > ttabel (2,01) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan E-LKPD HOTS terhadap kemampuan berpikir logis matematika siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Buleleng.  Dengan dilaksanakan penelitian ini, maka hasilnya dapat digunakan sebagai acuan baik oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan sebagai sumber informasi bagi peneliti lainnya.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Wardani, N. K. N. ., Jampel, I. N. ., & Widiana, I. W. . (2024). Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbantuan E-LKPD HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74827