Jarimatika Digital: Media Berhitung Materi Perkalian Siswa Sekolah Dasar Berbantuan Articulate Storyline
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74887Keywords:
Kurikulum Merdeka, metode jarimatika, media berhitung, matematikaAbstract
Pembelajaran di kelas cenderung belum menarik bagi siswa karena kurangnya variasi media dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berhitung metode jarimatika pada muatan pelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari 2 ahli rancang bangun, 2 ahli isi mata pelajaran matematika, 2 ahli desain instruksional, dan 2 ahli media pembelajaran. Data kepraktisan media bersumber dari 1 orang praktisi pembelajaran di sekolah dasar, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media berhitung metode jarimatika pada muatan pelajaran matematika untuk kelas II sekolah dasar dinyatakan valid dengan rata-rata hasil penilaian ahli dengan kualifikasi baik; praktis dengan rata-rata hasil uji respon dengan kualifikasi sangat baik, serta efektif berdasarkan data perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan media berbasis metode jarimatika lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media berbasis metode jarimatika. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis metode jarimatika valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa ke tingkat yang lebih baik.
References
Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., ..., & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2(05), 5. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342.
Amsari, S., Harahap, I., & Nawawi, Z. M. (2024). Transformasi Paradigma Pembangunan Ekonomi: Membangun Masa Depan Berkelanjutan melalui Perspektif Ekonomi Syariah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 729–738. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21907.
Amsari, S., Harahap, I., & Nawawi, Z. M. (2024). Transformasi Paradigma Pembangunan Ekonomi: Membangun Masa Depan Berkelanjutan melalui Perspektif Ekonomi Syariah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 729. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1703.
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774.
Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377.
Dewi, L. P., Pradana, Y. A., Andyani, R. A., Aji, A. S. N. A. Y. P., Ishartono, N., Machromah, I. U., & Widyastuti, E. (2023). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar dengan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 209–218. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.148.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582.
Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29741.
Febrianto, I., Hidayati, Y. M., & Rini Untari. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Website Berbasis Articulate Storyline. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 181–186. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.220.
Febrizalti, T., & Saridewi. (2020). Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1840–1848. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.656.
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54.
Hardiansyah, F., Misbahudholam AR, M., & ’ S. (2022). Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Game Eleven Pieces Multiplication (GEPION) untuk Memudahkan Menghitung Perkalian pada Guru di Sekolah Dasar. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 162. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.984.
Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139–147. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.587.
Indiastuti, T. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar MIN 1 Madiun. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(3), 137–143. https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/318.
Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.935.
Karim, A., & Savitri, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android di kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17.
Khasanah, I. M., & Nuroso, H., Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121–1127. https://doi.org/10.56832/edu.v3i3.393.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892.
Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontrisbusi Model Simulasi TIK Logis Dalam Pembelaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 88. https://pdfs.semanticscholar.org/b224/900f2f6467b54fb44b3c9d6bea144655654c.pdf.
Makarim, N., Syahid, S. A., & Putri, S. M. (2024). Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sdn 1 Sindangratu. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 21–32. https://doi.org/10.3483/trigonometri.v1i3.2298.
Mohamad, Y., Ismail, S., & Katili, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi pada Konsep Luas Bangun Datar Segi Empat Kelas VII SMP. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(1), 35–45. https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.18382.
Mutiara, T., Safrizal, S., & Yulnetri, Y. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Andaleh Baruh Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(2), 96–105. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i2.1345.
Nafaikah, A., Mudzanatun, M., & Wakhyudin, H. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Jarimatika dalam Membangun Keterampilan Berhitung. International Journal of Elementary Education, 3(3), 243. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19404.
Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359.
Pebriani, N. P. I., I.B. Putrayasa, & I.G. Margunayasa. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Tema 8 Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76–89. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.980.
Rohim, D. C., & Nugraha, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di SD Jatiroto 01. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 183–189. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p183-189.
Rosiyana, M., & Umi Nurbaeti, R. (2023). Pelatihan Berhitung Cepat dengan Metode Jarimatika bagi Siswa Sekolah Dasar Desa Cigadung. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.918.
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49.
Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 73–84. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1302.
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119.
Suryana, I. K. P., Suastra, I. W., & Suma, K. (2023). Kurikulum Merdeka Untuk Mengatasi Learning Loss. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 578–584. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20093.
Toni, M., Tobroni, T., Faridi, F., & Nurhakim, N. (2024). Development of Interactive Teaching Materials Based on Articulate Storyline Software. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 119. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i1.431.
Ulfa, L., Friansyah, D., & Hajani, T. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif pada Materi Peredaran Darah Kelas V SDN Rejosari. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 106–117. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.3126.
Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media Pembelajaran Mabeta Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2474.
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696.
Wardani, D. K., & Prihatiningtyas, S. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Matching Card Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN 3 Jombang. Qalam: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01). https://doi.org/10.57210/qlm.v3i01.112.
Wulandari, W., Marhami, M., Rohantizani, R., & Muliana, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Dan Kreativitas Guru Smp Melalui Pelatihan Pembuatan Soal-Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(2), 321. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.752.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Ketut Maysi Purwaningsih, I Komang Ngurah Wiyasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)