Jarimatika Digital: Media Berhitung Materi Perkalian Siswa Sekolah Dasar Berbantuan Articulate Storyline

Authors

  • Ni Ketut Maysi Purwaningsih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74887

Keywords:

Kurikulum Merdeka, metode jarimatika, media berhitung, matematika

Abstract

Pembelajaran di kelas cenderung belum menarik bagi siswa karena kurangnya variasi media dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berhitung metode jarimatika pada muatan pelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar yang valid dan praktis.  Penelitian ini merupakan   penelitian   pengembangan (research   and development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar.  Data validitas media bersumber dari 2 ahli rancang bangun, 2 ahli isi mata pelajaran matematika, 2 ahli desain instruksional, dan 2 ahli media pembelajaran. Data kepraktisan media bersumber dari 1 orang praktisi pembelajaran di sekolah dasar, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil.  Proses analisis data    dilakukan    dengan    menggunakan    pendekatan    kualitatif    dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media berhitung metode jarimatika pada muatan pelajaran matematika untuk kelas II sekolah dasar dinyatakan valid dengan  rata-rata hasil penilaian ahli dengan kualifikasi baik; praktis dengan rata-rata  hasil uji respon dengan kualifikasi sangat baik, serta efektif berdasarkan data perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan media berbasis metode jarimatika lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media berbasis metode jarimatika. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis metode jarimatika valid, praktis, dan efektif  digunakan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa ke tingkat yang lebih baik.

Published

2024-08-01

How to Cite

Purwaningsih, N. K. M., & Wiyasa, I. K. N. . (2024). Jarimatika Digital: Media Berhitung Materi Perkalian Siswa Sekolah Dasar Berbantuan Articulate Storyline. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.74887

Most read articles by the same author(s)