Dampak Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.77324Keywords:
matematika realistik, kompetensi pengetahuan matematika, pendekatanAbstract
Rendahnya kompetensi matematika siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pendekatan yang tidak tepat dalam pembelajaran matematika. Jika pembelajaran terus seperti ini maka kompetensi matematika siswa akan semakin rendah. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kompetensi pengetahuan matematika peserta didik kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah desain eksperimen semu (quasy experimental design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sekolah dasar sebanyak 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini yakni kelompok eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial Teknik uji-t polled varians. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang diberi perlakuan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan pendekatan matematika realistik. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III sekolah dasar.
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117.
Aisiyah, Y. F. (2020). Efektivitas Penggunaan Fitur Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Kelas 10 Di SMA Muhammadiyah 10 GKB-Gresik. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 87. https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1778.
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774.
Arini, L., & Sari, D. P. (2023). Analisis Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 355–362.
https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.4553.
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209.
Dahlan, A. H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Ketertarikan Belajar Matematika. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8–14.
https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp8-14.
Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.517.
Habibah, U., Santika, R., Setiono, P., Yuliantini, N., & Wurjinem, W. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika secara Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.751.
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5.
Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatan Minat Belajar Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430.
Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2022.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552.
Karmila, U., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Pendekatan Matematika Realistik dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Padegogik, 4(1), 01–11. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i1.2387.
Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00.
Magdalena, I., Kurniawan, I., Pratiwi, A. D., Fitriah, H., Firlyansyah, H., & Yuliyani, T. (2022). Efektifitas Pendekatan Matematika Realistik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Anwarul, 2(6), 427–435.
https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i6.693.
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341.
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120–132. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.
Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.
https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Srandakan. MaPan, 5(2), 293–301.
https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a10.
Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.617.
Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33.
https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732.
Purwati, P., & Faiz, A. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1032–1041. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13022.
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878.
Qadry, I. K., Asyari, S., Ismiyati, N., & Patimbangi, A. (2021). Karakteristik Kultural dan Filosofi Matematika. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.30605/27458326-68.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.
Rani, F. N., Napitupulu, E., & Siregar, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di SMP Negeri 3 Stabat. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i1.22886.
Saputra, K., & Fitriani, W. (2022). Deskripsi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Kedisiplinan Siswa. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1782. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6451.
Sennen, E. (2018). Mengelola Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 79–83. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.58.
Setianingsih, Khaq, M., & Pangestika, R. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Bilangan Bulat dan Operasinya Melalui Pendidikan Matematika Realistik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 130–137.
https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.367.
Siedlecki, S. L. (2020). Quasi-Experimental Research Designs. Clinical Nurse Specialist, 34(5), 198–202. https://doi.org/10.1097/NUR.0000000000000540.
Simanullang, M. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22916.
Sinaga, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1). https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.834.
Utami, D. S., & Appulembang, O. D. (2022). Pembentukan Kelompok Belajar untuk Siswa pada Pembelajaran Daring. Sukma: Jurnal Pendidikan, 6(1), 35–60. https://doi.org/10.32533/06103.2022.
Widiastuti, B., & Nindiasari, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik intuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2526–2535. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Komang Indah Komala Dewi, I Wayan Wiarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)