Dampak Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Komang Indah Komala Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.77324

Keywords:

matematika realistik, kompetensi pengetahuan matematika, pendekatan

Abstract

Rendahnya kompetensi matematika siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pendekatan yang tidak tepat dalam pembelajaran matematika. Jika pembelajaran terus seperti ini maka kompetensi matematika siswa akan semakin rendah. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap kompetensi pengetahuan matematika peserta didik kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah desain eksperimen semu (quasy experimental design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sekolah dasar sebanyak 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini yakni kelompok eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial Teknik uji-t polled varians. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang diberi perlakuan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan pendekatan matematika realistik. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III sekolah dasar.

Published

2024-08-01

How to Cite

Dewi, N. K. I. K. ., Wiarta, I. W. ., & Suniasih, N. W. . (2024). Dampak Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.77324

Most read articles by the same author(s)