Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Multimedia Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.79559Keywords:
Student Teams Achievement Division, Multimedia Interaktif, Kompetensi Pengetahuan MatematikaAbstract
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi mata pelajaran matematika dan kurangnya keterampilan guru dalam proses pembelajaran mengakibatkan masih rendahnya kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan Multimedia Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan rancangan non-ekuivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar sebanyak 294 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh kelas IV sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model STAD berbantuan multimedia interaktif dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model STAD berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model STAD berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi penelitian ini adalah model Student Teams Achievement Division berbantuan multimedia interaktif dapat membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan tugas sehingga sangat direkomendasikan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
References
Amelia, N. F., & Pujiastuti, E. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model pbl. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 0(0), 523–531. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21571.
Anggraini, D., Khumaedi, M., & Widowati, T. (2020). Validity and reliability contents of independence assessment instruments of basic beauty students for class X SMK. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.15294/jere.v9i1.42558.
Apriliana, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Induksi Magnetik Kelas XII MIA 3 MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 37–44. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/3669.
Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/267822130.pdf.
Fahruddin, Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jppipa.v2i1.27.
Gaspersz, M., AW, S., & Gaspersz, N. (2023). Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Sma. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss1year2023page1-7.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629.
Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748.
Jamdin, A., Ratumanan, T. G., & Laamena, C. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Siswa Kelas Vii Smp It Assalam Ambon Development Of Learning Devices Based On Stad Type Cooperative Model On Ratio Materials Of Grade Seventh. Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss2year2019page81-90.
Kamid, K., Winarni, S., Rohati, R., Rivani, P. A., & Azzahra, M. Z. (2022). The Comparison of Jigsaw Cooperative Learning Model with STAD on Mathematics Subjects in Junior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 118–130. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.40425.
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.
Madadizadeh, F. (2022). A tutorial on Quasi-experimental designs. Journal of Community Health Research, 11(1), 3–4. https://iranjournals.nlai.ir/bitstream/handle/123456789/916068/B056CA7D2AA0554C0E7FEFF379D08F6C.pdf?sequence=-1.
Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686.
Muna, Z., Artharina, F. P., & Azizah, M. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Materi Penjumlahan Kelas I Berbantu Media Papintung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1617–1628. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1738.
Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85–91. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1144.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf.
Padmi, I. A. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2), 152–157. https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123.
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.
Purba, T. N., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan LKS Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada Materi Geometri Bangun Ruang Tabung. Jurnal Basicedu, 6(3), 4686–4700. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2873.
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang materi luas dan volume balok dan kubus menggunakan metode drill sekolah smp islam al-ghazali kelas viii. FIBONACI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52.
Rachman, H. F., Sudiana, I. K., & Wijaya, M. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. Jurnal Penjakora, 7(1), 57. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24441.
Rhamdan, D., Kule, A., & Al Wahid, S. M. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 432–446. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.263.
Ruhulessin, S., Ratumanan, T. G., & Tamalene, H. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss1pp1-6.
Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pemberian Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Pendidikan Matematika, 12(1), 1–14. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4551/pdf.
Rusmilah, D. S., Yusuf, Y., & Jaenudin, A. (2022). Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Berbantuan Alat Peraga Tangkis Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 120–126. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1642.
Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1128.
Sari, N., & Yogica, R. (2021). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 357–363. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38206.
Singgih, S. (2020). STEM Dalam Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4. 0. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(1), 299–304. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.873.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270.
Tamarson, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 742–758. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.23.
Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22272.
Vera, B., & Satriani, I. (2019). The Use of Cooperative Learning and Discovery Learning in Teaching Writing Descriptive Text. Journal of English Language Learning, 3(2). http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/JELL/article/view/1561.
Wahyuni, D. E. M. S., Susanti, B. I., & Nurhaida, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 186–195. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6910.
Widyaningrum, R. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Dan Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2), 26–32. https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2257.
Winarti, T., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2020). Model Pembelajaran Problem based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Learing Creativity Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 387–396. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29063.
Yanda, K. O., Jumroh, J., & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 58. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Tia Kamalini, I Wayan Wiarta, Ni Wayan Suniasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)