E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Isu-Isu Sosial Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Literasi Sosial Peserta Didik Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81607Keywords:
e-Modul, isu sosial sains, literasi sains, literasi sosialAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka yang telah berlangsung selama dua tahun menghadapi berbagai masalah. Salah satu masalah utama adalah kesiapan sumber belajar yang mendukung tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik e-Modul, mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-Modul IPA berbasis isu sosial sains dalam meningkatkan literasi sains dan literasi sosial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji efektivitas menggunakan desain pretest -posttest non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas ahli, angket kepraktisan, tes literasi sains, dan pedoman observasi literasi sosial. Tahapan pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan, desain e-Modul, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-Modul IPA berbasis isu sosial sains merupakan e-Modul open source dimana peserta didik dapat melakukan aktivitas secara langsung pada e-Modul layaknya bekerja pada website. Fitur disajikan menarik yang dilengkapi dengan video interaktif, fill the blank, drag and drop, image hotspot, image pairing, dan rekaman audio. E-Modul memiliki tingkat validitas isi, bahasa, dan media yang tergolong sangat tinggi. Kepraktisan e-Modul pada kategori sangat praktis. E-Modul IPA berbasis isu sosial sains efektif meningkatkan literasi sains dan literasi sosial peserta didik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosmayuni Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)