E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Isu-Isu Sosial Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Literasi Sosial Peserta Didik Kelas VIII

Authors

  • Anak Agung Ayu Putri Rosmayuni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81607

Keywords:

e-Modul, isu sosial sains, literasi sains, literasi sosial

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka yang telah berlangsung selama dua tahun menghadapi berbagai masalah. Salah satu masalah utama adalah kesiapan sumber belajar yang mendukung tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik e-Modul, mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-Modul IPA berbasis isu sosial sains dalam meningkatkan literasi sains dan literasi sosial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji efektivitas menggunakan desain pretest -posttest non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas ahli, angket kepraktisan, tes literasi sains, dan pedoman observasi literasi sosial. Tahapan pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan, desain e-Modul, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-Modul IPA berbasis isu sosial sains merupakan e-Modul open source dimana peserta didik dapat melakukan aktivitas secara langsung pada e-Modul layaknya bekerja pada website. Fitur disajikan menarik yang dilengkapi dengan video interaktif, fill the blank, drag and drop, image hotspot, image pairing, dan rekaman audio. E-Modul memiliki tingkat validitas isi, bahasa, dan media yang tergolong sangat tinggi. Kepraktisan e-Modul pada kategori sangat praktis. E-Modul IPA berbasis isu sosial sains efektif meningkatkan literasi sains dan literasi sosial peserta didik.

Published

2024-08-01

How to Cite

Rosmayuni, A. A. A. P. ., Suma, K., & Suja, I. W. (2024). E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Isu-Isu Sosial Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Literasi Sosial Peserta Didik Kelas VIII. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81607