E-LKPD Berbantuan Video Pembelajaran Kimia Bermuatan Budaya Lokal Bali untuk Meningkatkan Model Mental dan Literasi Digital

Authors

  • I Gusti Ayu Agung Mas Rosmita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Tika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81620

Keywords:

e-LKPD, Budaya lokal Bali, Video, Model mental, Literasi digital

Abstract

Rendahnya model mental peserta didik mengindikasikan rendahnya kemampuan kognitif peserta didik. Kondisi tersebut berdampak terhadap kesiapan menerima dan menyaring informasi pada media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbantuan video pembelajaran kimia bermuatan budaya lokal Bali yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental dan literasi digital peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Subjek yang terlibat pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi, angket, tes model mental three tier, dan lembar observasi. Rancangan penelitian pada uji keefektifan menggunakan pretest-postest control group design. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan MANCOVA. Hasil uji validitas menunjukkan e-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat valid ditinjau dari validitas isi, media, dan bahasa. E-LKPD yang dikembangkan juga tergolong sangat praktis digunakan. Hasil uji keefektifan diperoleh model mental scientifically correct pada kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih besar yaitu 49% dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 22%. Model mental partially correct dan model mental specific misconceptions pada kelas eksperimen mengalami penurunan lebih besar yaitu 31% dan 17%. Pada kelas kontrol menurun sebesar 21% dan 1%. Kemampuan literasi digital peserta didik pada kelas eksperimen tergolong sangat baik sebesar 40%, sedangkan pada kelas kontrol tergolong sangat baik hanya 13%. Dengan demikian, e-LKPD berbantuan video pembelajaran kimia bemuatan budaya lokal Bali yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental dan literasi digital. Inovasi budaya lokal Bali pada e-LKPD ini berimplikasi pada peningkatan e-LKPD yang berkualitas dan mampu melestarikan budaya lokal.

References

Audin, S., Sukariasih, L., & Syarifuddin. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Problem Based Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 90–98. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.4.

Candrasari, Y. C., Claretta, D., & Sumardjiajti. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611–618. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4003.

Dewi, K. M., Suja, I. W., & Sastrawidana, I. D. K. (2018). Model Mental Siswa Tentang Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 45–52. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21165.

Ermawan, D. (2017). Pengaruh globalisasi terhadap eksistensi kebudayaan daerah di Indonesia. Jurnal Kajian LEMHANNAS RI., 32, 5–11. Retrieved from https://www.lemhannas.go.id/images/Publikasi_Humas/Jurnal/Jurnal_Edisi_32_Desember_2017.pdf.

Fitriyani, F., & Nugroho, A. . (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36.

Handayanti, Y., Setiabudi, A., & Nahadi, N. (2015). Analisis profil model mental siswa SMA pada materi laju reaksi. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 107–122. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.329.

Hariyati, D. P. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis Liveworksheet untuk siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566.

Hidayat, J., Firman, H., Sunarya, Y., & Redjeki, S. (2019). Secondary School Students’perspective Models On Atomic Structure And Chemical Bonding. Journal of Engineering Science and Technology, 14, 59–67. Retrieved from https://jestec.taylors.edu.my/Special Issue on AASEC 2018/AASEC_SIS_007.pdf.

Hikmayanti, M., & Utami, L. (2019). Analisis Kemampuan Multiple Representasi Siswa Kelas XI MAN 1 Pekanbaru Pada Materi Titrasi Asam Basa. JRPK - Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1). https://doi.org/10.21009/JRPK.091.07.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husin, V., & Billik, A. (2019). Identifikasi konsep fisika pada kearifan lokal anyaman di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(2), 153–158. https://doi.org/10.35508/fisa.v4i2.1828.

Isnaini, M., & Ningrum, W. P. (2018). Hubungan Keterampilan Representasi terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 12–25. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2637.

Istiqomah, E. (2021). Analisis lembar kerja peserta didik sebagai bahan ajar biologi. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. Retrieved from https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/17.

Kristin, F. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaann, 5(2), 46–59. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p46-59.

Mahendra, P. R. A. (2018). Pembelajaran PPKn Dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 120–126. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16526.

Maisaroh, D., & Ratu Betta Rudibyani, E. S. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 334–346. Retrieved from https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13314.

Maulana, M. (2015). Definisi, Manfaat dan Elemen Penting Literasi Digital. Seorang Pustakawan Blogger, 1(2), 1–12. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=r5uYwF0AAAAJ&citation_for_view=r5uYwF0AAAAJ:u5HHmVD_uO8C.

Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). Proses literasi digital terhadap anak: tantangan pendidikan di zaman now. Pustakaloka, 11(1), 114–130. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, Noviarni, & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan project based learning berbasis kearifan lokal berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.587.

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55.

Putra, M. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Melalui High Order Thinking Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Basic Education, 2(3), 459–468. Retrieved from https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/240.

Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446–455. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997.

Redhana, I. W., Sudria, I. B., Suardana, I. N., Suja, I. W., & Putriani, V. D. (2020). Students’ mental models in acid-base topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042092.

Rochadiani, T. H., Santoso, H., & Dazki, E. (2020). Peningkatan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). Retrieved from https://jurnal.pradita.ac.id/index.php/jpm/article/view/124.

Rochmatika, I., & Yana, E. (2022). Determinants Of Digital Literature And Learning Style On Critical Thinking Ability Of Students Of SMAN 1 Tukdana. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 64–71. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491.

Ruswan, A., Rosmana, P. S., Nafira, A., Khaerunnisa, H., Habibina, I. Z., Alqindy, K. K., … Syavaqilah, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4007–4016. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13009.

Saputra, B. (2020). Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Model SimaYang untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 9(1), 42–53. Retrieved from https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/20760.

Suari, N. N. J. (2018). Profil model mental siswa tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 59–63. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16615.

Suja, I. W. (2015). Model mental mahasiswa calon guru kimia dalam memahami bahan kajian stereokimia. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6059.

Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42–72. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.383.

Suparwati, N. M. A. (2022). Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.591.

Suparwati, N. M. A., Suja, I. W., & Tika, I. N. (2023). E-LKPD Kimia Berbasis STEM dengan Muatan Etnosains untuk Meningkatkan Model Mental Kimia pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.60208.

Ulinnaja, H. (2019). High School Students’ Mental Models on Chemical Equilibrium. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 58–64. https://dx.doi.org/10.17977/jps.v7i2.13324.

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Rosmita, I. G. A. A. M. ., Suja, I. W., & Tika, I. N. (2024). E-LKPD Berbantuan Video Pembelajaran Kimia Bermuatan Budaya Lokal Bali untuk Meningkatkan Model Mental dan Literasi Digital. Indonesian Journal of Instruction, 5(2), 193–204. https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81620

Issue

Section

Articles