E-LKPD Berbantuan Video Pembelajaran Kimia Bermuatan Budaya Lokal Bali untuk Meningkatkan Model Mental dan Literasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.81620Kata Kunci:
e-LKPD, Budaya lokal Bali, Video, Model mental, Literasi digitalAbstrak
Rendahnya model mental yang dimiliki peserta didik mengindikasikan rendahnya kemampuan kognitif peserta didik. Rendahnya kemampuan kogitif peserta didik di era digital saat ini akan berdampak terhadap kesiapan menerima dan menyaring informasi yang beredar pada media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbantuan video pembelajaran kimia bermuatan budaya lokal Bali yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental dan literasi digital peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan 4D. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi, angket, tes model mental three tier, dan lembar observasi. Rancangan penelitian pada Uji keefektifan menggunakan pretest-postest control group design. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan MANCOVA. Hasil uji validitas menunjukkan e-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat valid ditinjau dari validitas isi, media, dan Bahasa. Berdasarkan penilaian guru dan peserta didik e-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran. Hasil uji keefektifan diperoleh model mental scientifically correct pada kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih besar yaitu 49% dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 22%. Model mental partially correct dan model mental specific misconceptions pada kelas eksperimen mengalami penurunan lebih besar yaitu yaitu 31% dan 17%. Pada kelas kontrol menurun sebesar 21% dan 1%. Kemampuan literasi digital peserta didik pada kelas eksperimen dengan kategori sangat baik sebesar 40%, sedangkan pada kelas kontrol dengan kategori sangat baik hanya 13%. Dengan demikian, e-LKPD berbantuan video pembelajaran kimia bemuatan budaya lokal Bali yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental dan literasi digital.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mas Rosmita I Gusti Ayu Agung
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)