E-Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality melalui Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.82400Keywords:
e-modul, matematika, augmented reality, PBL, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran menjadi lebih kreatif, menarik, memuat masalah kontekstual, serta sesuai dengan kemajuan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul Matematika berbantuan augmented reality yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat pada penelitian ini ialah ahli materi dan ahli media. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penilaian berupa angket validasi dan kepraktisan, serta menentukan indikator dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Gregory, teknik analisis perhitungan rata-rata, dan teknik analisis data <gain score> ternormalisasi. Uji efektivitas pada penelitan dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pre test post test design. Hasil penelitian menunjukkan e-modul Matematika berbantuan AR dengan inovasi fitur video, audio, kuis interaktif, game dan konten AR dinyatakan sangat valid dari segi materi dan media. Produk yang dihasilkan juga berada pada kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa, e-modul Matematika berbantuan AR efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan kualitas siswa melalui kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki.
References
Amrina, Y., & Lena, M. S. (2021). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Sd. Jurnal Handayani, 12(1), 15. https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26218.
Arimadona, S., & Silvina, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berbasis scientific approach dengan crossword puzzle. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 63. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.661.
Astuti, D., Susilo, G., & Sari, T. H. N. I. (2018). Pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42–53. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.25.
Ayubi, I. I. Al, Erwanudin, & Martin Bernard. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452.
Buchori, A., & Prasetyowati, D. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang. Widya Balina, 6(2), 325–338. https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.195.
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & S., A. N. (2016). Peningkatan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi pada kegiatan pembelajara. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 131–138. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693.
Hartoyo, A., Melati, R., & Martono, M. (2023). Dampak Perubahan Kurikulum Merdeka Dan Kesiapan Tenaga Pendidik Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 412–428. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2773.
Hasan, S., Sappaile, B. I., Widagdo, D., Rahayu, P. W., Sarumaha, Y. A., & Sutanto, A. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Masyarakat. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2530–2534. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14667.
Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 128–138. https://doi.org/10.21154/ibriez.v7i2.283.
Juniartina, P. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Dengan Model Group Investigasi Berorientasi Pendidikan Karakter. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(2), 154–165. https://doi.org/10.23887/wms.v11i2.12589.
Kamelia, L. (2015). Perkembangan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif pada mata kuliah kimia dasar. Jurnal Istek, 9(1). Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/184.
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan pemodelan matematis dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.649.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.
Maniq, L. N. K., I Nyoman Karma, A., & Rosyidah, wal N. K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Pecahan. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1405.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267.
Narendrati, N. (2017). Komparasi pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL dan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12723.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11268.
Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1). https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267.
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029.
Rachmawati, R., Wijayanti, R., & Putri Anugraini, A. (2020). Pengembangan eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan penguatan karakter pada materi bangun ruang sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2315.
Rani, P. R. P. N., Asbari, M., & Vincensius Dandi AnantaAlim, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78–84. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.736.
Ratnawati, R., & Nanang, N. (2014). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik antara yang Menggunakan Pembelajaran Kontekstual dengan Problem Based Learning di Mts Al-mu’amalah Garut. Mosharafa, 3(3), 43–54. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i1.309.
Saragih, M. J. (2019). Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.104.
Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan lkpd berbasis discovery learning berbantuan software tracker pada materi gerak melingkar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.137-146.
Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan keterbacaan media ajar e-booklet untuk siswa SMA/MA materi keanekaragaman hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.30.
Sativa, Y. A., & Purwanto, J. (2022). Pengaruh konsentrasi belajar dan kejenuhan belajar terhadap prestasi belajar matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 11–14. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.4065.
Shoimah, R. N., Syafi’aturrosyidah, M., & Hadya, S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1–18. Retrieved from http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/download/4055/2417.
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam Pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/https://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/68.
Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., Indonesia, P., & Husnita, L. (2024). Analisis Penerapan Augmented Reality Dalam Proses Pemahaman Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8096–8102. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132.
Yovan, R. A. R., & Kholiq, A. (2022). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abstrak Siswa SMA pada Materi Medan Magnet. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.80-87.
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Ayu Desi Wilandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)