E-Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality Melalui Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.82400Keywords:
e-modul, matematika, augmented reality, PBL, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran lebih kreatif, menarik, memuat masalah kontekstual serta sesuai dengan kemajuan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengembangan E-modul Matematika berbantuan AR ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate. Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen angket validitas ahli materi dan ahli media dengan teknik analisis gregory, angket kepraktisan dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, serta tes kemampuan pemecahan masalah dengan teknik analisis data <gain score> ternormalisasi. Uji efektivitas pada penelitan dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pre test post test design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu E-Modul Matematika berbantuan AR yang dilengkapi dengan video, audio, kuis interaktif, game dan konten AR. E-modul Matematika berbantuan AR dinyatakan sangat valid dari segi materi dan media. Kepraktisan e-modul pada kategori sangat praktis. E-Modul matematika berbantuan AR efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Ayu Desi Wilandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)