E-Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality Melalui Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Penulis

  • Putu Ayu Desi Wilandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Parwati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sukra Warpala Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.82400

Kata Kunci:

e-modul, matematika, augmented reality, PBL, pemecahan masalah

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran lebih kreatif, menarik, memuat masalah kontekstual serta sesuai dengan kemajuan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-modul Matematika berbantuan Augmented Reality yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengembangan E-modul Matematika berbantuan AR ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate. Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen angket validitas ahli materi dan ahli media dengan teknik analisis gregory, angket kepraktisan dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, serta tes kemampuan pemecahan masalah dengan teknik analisis data <gain score> ternormalisasi. Uji efektivitas pada penelitan dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pre test post test design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu E-Modul Matematika berbantuan AR yang dilengkapi dengan video, audio, kuis interaktif, game dan konten AR. E-modul Matematika berbantuan AR dinyatakan sangat valid dari segi materi dan media. Kepraktisan e-modul pada kategori sangat praktis. E-Modul matematika berbantuan AR efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Wilandari, P. A. D. ., Parwati, N. N. ., & Warpala, I. W. S. . (2024). E-Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality Melalui Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.82400