Digital Modul Berpendekatan Project Based Learning Muatan IPAS Materi Indonesia Kaya Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Dezan Pratama Ginting Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85035

Keywords:

E-Modul, Konvensional, Project Based Learning, IPAS

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah mendorong tergantinya teknologi cetak dengan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Terbatasnya penggunaan bahan ajar pada satuan pendidikan membuat guru masih cenderung menggunakan bahan ajar konvensional hanya terbatas pada buku teks namun minat baca siswa sudah tinggi, hal ini menuntut adanya pengembangan baru dalam memfasilitasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul dengan pendekatan Project Based Learning pada materi Indonesia Kaya Budaya pada mata pelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang telah teruji desain, kelayakan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerapkan model ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul dengan pendekatan project-based learning dinyatakan layak berdasarkan hasil telaah oleh ahli isi pembelajaran, ahli media, ahli desain pembelajaran, uji coba perorangan, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan t hitung sebesar 14,976 untuk db = 60 dan taraf signifikansi 5% t tabel = 2,003 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul dengan pendekatan Project Based Learning layak dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Published

2025-01-02

How to Cite

Ginting, D. P., Jampel, I. N., & Simamora, A. H. . (2025). Digital Modul Berpendekatan Project Based Learning Muatan IPAS Materi Indonesia Kaya Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(3). https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.85035