Dampak Model Pembelajaran Examples-Non-Examples Berbasis Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44506Keywords:
Model Examples Non-Examples, Kompetensi Pengetahuan IPA, Berbasis LingkunganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Examples Non-Examples (ENE) berbasis lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V yang terdiri dari 13 kelas. Sampel kelompok penelitian diambil dengan cluster random sampling. Pengambilan sampel untuk kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran ENE berbasis lingkungan sebanyak 42 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran model konvensional sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes objektif. Hasil analisis data didapat nilai rerata kelompok eksperimen yaitu 0,61 lebih dari nilai rerata kelompok kontrol yaitu 0,45. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thit5,16 lebih besar dari ttab =1,99, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas sekolah dasar.
References
sArifah, R. E. N., Sukirman, S., & Sujalwo, S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 617. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661310. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661310
Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125–133. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Luvi, A. (2015). Penggunaan Bahan Ajar Tematik Pembagian untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IIA MI Ahliyah II Palembang. Aksioma, 4(2), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.307. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.307
Parmin, Sajidan, Ashadi, & Sutikno. (2015). Skill of prospective teacher in integrating the concept of science with local wisdom model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 120–126. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4179.
Pramita Dewi, N. M. D., Surya Abadi, I. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 129–138. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405
Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330
Saleh, S., & Mazlan, A. (2019). The Effects of Brain-Based Teaching with I-Think Maps and Brain Gym Approach Towards Physics Understanding. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 12–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16022. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16022
Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.
Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)